NASIONALPOLITIK

Yenny Wahid Resmi Dukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta – Dukungan terhadap pasangan capres cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Pilpres 2024 terus berdatangan.

Yang terbaru datang dari Yenny Wahid. Kehadirannya tentu disambut dengan penuh sukacita.

Puteri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh ini juga masuk dalam Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD.

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto lantas buka suara terkait dukungan puteri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu.

Apa kata mereka?

Berikut penjelasannya.

Hary Tanoe

Hary Tanoe menyambut baik dukungan dan masuknya Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur ke dalam TPN Ganjar-Mahfud MD.

“Saya sudah lama sekali kenal Mbak Yenny, kenal almarhum Gus Dur. Saya ikut mengantar Gus Dur saat dipilih jadi presiden,” kata Hary Tanoe dalam acara deklarasi dukungan kepada Ganjar-Mahfud MD pada Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023.

Hary menegaskan bahwa kapasitas dan stamina menjadi hal penting dalam memilih pemimpin.

Indonesia negara besar dengan keragaman demikian rupa, lanjutnya, sehingga perlu pemimpin dengan kapasitas dan stamina yang baik.

“Stamina itu penting, yakni mampu bekerja keras, cepat, 24 jam, dan itu ada di sosok calon presiden dan wakil presiden Ganjar-Mahfud MD.

Selamat bergabung untuk memenangkan Ganjar-Mahfud MD,” kata Hary kepada Yenny.

 

Hasto PDIP

Sementara Hasto mengatakan kehadiran Yenny dalam TPN Ganjar-Mahfud MD memberikan energi pergerakan positif bagi upaya kemenangan pasangan tersebut di Pilpres 2024.

“Mbak Yenny Wahid hari ini memberikan suatu energi pergerakan positif bagi Ganjar-Mahfud, apalagi digerakkan oleh hati nurani,” kata Hasto di acara deklarasi dukungan kepada Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat, 27 Oktober 2023

BACA JUGA  Touring Tiga Jari’ Hadir di Perancis untuk Dukung Ganjar-Mahfud

Hasto meyakini semua orang dapat merasakan getaran mendalam dari Yenny, yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah sebuah negeri spiritual, di mana landasan moral, etika, serta ajaran tentang kebajikan dan kebenaran menjadi pilar utama.

“Maka, kami pun meyakini bahwa seluruh napas kehidupan digerakkan oleh nilai-nilai ilahi dan itulah getaran yang kami rasakan dari Mbak Yenny Wahid,” kata Hasto.

Selanjutnya, Hasto mengungkapkan kekuasaan harus didedikasikan untuk kepentingan bangsa dan negara.

Maka dari itu, tambahnya, politik seharusnya didorong oleh hati nurani dan hal itu menjadi pengingat bahwa seorang pemimpin harus selalu berjuang demi kepentingan rakyat.

Sebelumnya, Yenny menyatakan dukungannya kepada Ganjar-Mahfud MD pada Pilpres 2024.

Yenny mengaku pihaknya mengenal dekat Mahfud MD, sehingga kedekatan itu menjadi alasan utama baginya untuk mendukung Ganjar-Mahfud MD.

“Karena kedekatan roso (rasa) tersebut, kedekatan hati, maka kami Barisan Kader Gus Dur menyatakan dukungan ke pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” kata Yenny, Jumat, 27 Oktober 2023.

Yenny juga sudah melakukan sejumlah perjalanan untuk menyerap aspirasi para pengikut ajaran Gus Dur.

Menurut dia, pada umumnya, mereka ingin keberlanjutan program pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sebelum memutuskan memberikan dukungan kepada Ganjar-Mahfud MD, Yenny mengaku tidak mudah baginya untuk menentukan pilihan.

Dia yakin semua bakal pasangan capres-cawapres memiliki program kerja untuk membuat Indonesia maju.

Namun, usai Mahfud MD ditunjuk menjadi bakal cawapres untuk mendampingi Ganjar, Yenny semakin mantap menetapkan pilihannya.

Yenny menilai Mahfud MD merupakan kader ideologis Gus Dur. Bahkan, Gus Dur memang menitipkan pesan ke Mahfud MD untuk menegakkan hukum di Indonesia.

“Konsistensi Mahfud MD dalam hal ini telah teruji. Mahfud juga merupakan sosok yang memperjuangkan pluralisme sebagaimana garis perjuangan Gus Dur selama ini,” ujar Yenny.

BACA JUGA  Ini 5 Janji Ganjar-Mahfud MD Jika Sukses Menangi Pilpres 2024 

Setelah deklarasi dukungan, Yenny ditunjuk menjadi Anggota Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud MD.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, mengatakan posisi Yenny sejajar dengan Puan Maharani di Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud.

“Jadi, Mbak Yenny akan bergabung di struktur Tim Pemenangan Nasional dan beliau akan duduk di Dewan Penasihat bersama dengan Mbak Puan,” kata Arsjad Rasjid, Jumat, 27 Oktober 2023.

Menurut Arsjad, Yenny akan menemani Puan di jajaran Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud MD untuk memastikan persatuan bangsa.

Diketahui, pasangan Ganjar-Mahfud MD diusung oleh PDIP, PPP, Perindo, dan Partai Hanura.

Ganjar-Mahfud MD telah mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Pasangan bakal capres-cawapres ini juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Pasangan ini pun dinyatakan lolos syarat kesehatan jasmani dan rohani untuk mengikuti Pilpres 2024 oleh tim RSPAD Gatot Soebroto pada Jumat , 27 Oktober 2023. (*/Tempo.co)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button