PAGARALAM

Matangkan Persiapan Pemilu 2024, KPU Kota Pagar Alam Gelar Rakor Training Of Trainers Bimbingan Teknis KPPS

MAKLUMATNEWS.com, Pagaralam, —– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pagar Alam menggelar rapat koordinasi Training Of Trainers Fasilitator Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Se Kota Pagar Alam.

Rapat koordinasi tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan bimbingan teknis Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di lingkungan Kota Pagar Alam.

Rapat yang diikuti seluruh PPK dan PPS lima Kecamatan se Kota Pagar Alam ini berlangsung di Gedung pertemuan SD Negeri 74 Gunung Gare, Rabu 24 Januari 2024.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Pagar Alam Ibrahim Putra mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk mempersiapkan PPK dan PPS sebagai fasilitator dalam bimbingan teknis KPPS pada Pemilu 2024.

Ketua KPU menegaskan agar dalam kegiatan ini PPK dan PPS dapat mengikuti dengan baik dikarenakan nantinya akan bertindak sebagai fasilitator pada bimbingan teknis KPPS.

“Kami harap PPK dan PPS memanfaatkan kegiatan kita hari ini, karena nantinya akan menjadi fasilitator pada saat dilaksanakan bimbingan teknis KPPS,”tegasnya.

Selanjutnya dalam kegiatan ini Komisioner KPU Divisi Parmas dan SDM Budi Hartono menekankan agar dalam menjalankan tugasnya PPK dan PPS dapat mengarahkan KPPS untuk berpedoman pada peraturan perundang-undangan.

“Pahami dan laksanakan tugas dan wewenang sesuai dengan petunjuk teknis, tata kerja dan kode etik KPPS, “ujarnya.

PPK dan PPS juga mendapat arahan dari Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan Pinji Aprianto, agar dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara Pemilu harus berpegang teguh pada peraturan perundang-undangan.

“Dalam menjalankan tugas kita harus berpedoman pada aturan, tidak boleh ada yang bertindak diluar dasar hukum yang mengatur tata kerja penyelenggara Pemilu, ” tuturnya.

BACA JUGA  Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Kapolres dan Wakapolres Pagaralam Pimpin Giat Satuan Fungsi 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemahaman pemungutan dan perhitungan suara yang disampaikan oleh Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Sapliansyah.

Divisi Teknis memaparkan secara rinci teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara hingga simulasi pemungutan dan perhitungan suara di KPPS.

“PPK dan PPS untuk memahami betul petunjuk teknis pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara, nantinya diharapkan dapat menurunkan pemahaman petunjuk teknis kepada KPPS, kita berharap Pemilu 14 Februari 2024 mendatang dapat dilaksanakan dengan baik, ” pungkasnya. ***

Reporter : Lian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button