NASIONALPOLITIK

AHY dan Hadi Resmi Dilantik Hari ini di Istana Negara 

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Hari ini, Rabu (21/2/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju.

Nama kedua menteri yang dilantik Jokowi itu ialah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Pelantikan berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pukul 11.00 WIB.

Pelantikan dipimpin langsung Jokowi. Pelantikan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Prosesi pelantikan diawali dengan membacakan Keputusan Presiden. Jokowi kemudian mengambil sumpah dan janji jabatan menteri dan diikuti Hadi Tjahjanto dan AHY.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Setelah itu, prosesi pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara. Hadi awalnya merupakan Menteri ATR.

Pelantikan pada Rabu juga dihadiri sejumlah pejabat, antara lain Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad, Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan, dan Jaksa Agung RI ST Burhanuddin.

Kemudian terlihat pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

BACA JUGA  Anis Matta Optimis Partai Gelora Bakal Melenggang ke Senayan

AHY menggantikan posisi Hadi Tjahjanto yang sebelumnya menjadi Menteri ATR/BPN.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto pada Rabu ini dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Hadi menggantikan Mahfud MD yang sebelumnya telah mengundurkan diri karena menjadi calon wakil presiden (cawapres) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

Direstui SBY

Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut telah merestui putra sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk masuk ke Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Menurut Sekretaris Pribadi SBY, Ossy Darmawan, SBY juga mendoakan agar AHY dapat menjalankan tugas ke depan dengan baik.

“Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan,” ujar Ossy dalam keterangannya kepada wartawan pada Rabu (21/2/2024).

Namun, menurut Ossy, SBY tidak dapat hadir dalam pelantikan AHY di Istana Negara pada Rabu ini.

Sebab SBY baru saja tiba di Cikeas setelah menempuh perjalanan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Ossy yang juga merupakan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat itu.

 

 

Sumber : Kompas.com dan Detik.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button