NASIONAL

Ini Sederet Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto hingga saat ini unggul dalam hasil hitung cepat atau quick count dan real count KPU Pilpres 2024.

Perolehan suara yang unggul ini membuat Prabowo mendapatkan ucapan selamat dari pemimpin di dunia.

Berikut daftar ucapan selamat untuk Prabowo:

1. PM Republik Ceko Petr Fiala

Pertama, ada Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala, menyampaikan ucapan selamat untuk Prabowo Subianto yang berlaga di Pilpres 2024. Dia menyebut Prabowo sudah memenangi Pilpres 2024.

“Selamat untuk Yang Terhormat Prabowo Subianto atas kemenangan di Pilpres Indonesia 2024,” cuit Petr Fiala lewat akun X resminya, @P_Fiala, tertanggal 14 Februari 2024, diakses detikcom pada Kamis (15/2/2024).

2. PM Australia Anthony Albanese

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga telah berbicara dengan Prabowo melalui telepon dan memberikan ucapan selamat atas keunggulannya dalam pemilu.

“Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan @prabowo, yang memiliki keunggulan jelas dalam penghitungan resmi dan tidak resmi, mengenai ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia – Indonesia,” tulis Albanese dalam postingan di X, dilansir Anadolu Agency, Jumat (16/2).

3. PM Singapura Lee Hsien Loong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga ikut mengucapkan selamat kepada Prabowo.

Dilansir media Singapura, Channel News Asia, Sekretaris Pers Kantor PM Singapura Chang Li Lin mengatakan bahwa PM Lee telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas prestasi gemilangnya dalam pemilu di Indonesia.

Chang mengungkapkan, PM Lee telah berbicara langsung dengan Prabowo dan membahas pentingnya menjaga hubungan bilateral yang kuat dan positif antara kedua negara.

BACA JUGA  Ganjar Pranowo dilaporkan ke KPK Soal Dugaan Gratifikasi, Massa Demo di Semarang Dukung Proses Hukum

Mereka juga sepakat mengenai perlunya mengidentifikasi bidang-bidang baru untuk kerja sama yang saling menguntungkan.

4. PM Belanda Mark Rutte

Lalu, Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte mengucapkan selamat ke Prabowo. Dia berharap Indonesia-Belanda terus menjadi sahabat yang baik.

“Saya ucapkan selamat Prabowo Subianto atas proyeksi hasil Pemilu Indonesia kemarin,” ujar Mark Rutte dalam akun X seperti dilihat, Jumat (16/2).

5. PM Malaysia Anwar Ibrahim

Ucapan selamat juga telah disampaikan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Anwar Ibrahm juga disebut telah mengucapkan selamat ke Prabowo.

Ucapan selamat tersebut disampaikan melalui sambungan telepon. Informasi ini juga disampaikan oleh Prabowo melalui unggah akun Instagramnya.

6. Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe

Ucapan selamat juga datang dari Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe.

Ucapan selamat tersebut disampaikan melalui sambungan telepon. Informasi ini juga disampaikan oleh Prabowo melalui unggah akun Instagramnya.

7. Presiden Rusia Vladimir Putin

Selanjutnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat ke Prabowo.

Putin mengatakan hubungan Indonesia-Rusia berlandaskan saling menghormati. Tak hanya itu, kata Putin, kerja sama kedua negara ini berhasil berkembang di berbagai bidang.

“Yang terhormat Bapak Prabowo Subianto, terimalah ucapan selamat saya yang setulus-tulusnya atas kemenangan meyakinkan Anda dalam pemilihan presiden,” kata Putin, dikutip media pemerintah Rusia TASS, Jumat (16/2/2024).

8. PM Inggris Rishi Sunak

Ucapan selamat juga disampaikan Duta Besar Inggris untuk RI, Dominic Jermey, menemui Prabowo di rumah dinas Menteri Pertahanan di Widya Chandra, Jaksel.

Ambasador memberi surat ke Prabowo berisi ucapan selamat dari PM Inggris Rishi Sunak atas kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

“Terima kasih, Bapak Prabowo, atas keramahtamahanmu kemarin. Senang rasanya mendiskusikan segala hal yang ada di depan dan hal-hal besar yang dapat dicapai bersama oleh negara kita.

BACA JUGA  Tragedi Kanjuruhan, TGIPF : Seluruh Liga PSSI Dihentikan Sementara

Saya merasa terhormat untuk menyampaikan surat ucapan selamat dari Rishi Sunak atas kesuksesanmu di Pemilu 2024,” kata Dominic seperti dilihat di X, Sabtu (17/2) kemarin.

9. PM India Narendra Modi

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas suksesnya Pilpres 2024.

Modi juga mengucapkan kepada Prabowo Subianto yang masih unggul hingga kini di real count KPU.

“Selamat kepada masyarakat Indonesia atas suksesnya pemilihan presiden dan @prabowo atas kepemimpinannya,” tulis Modi di akun X seperti dilihat detikcom, Senin (19/2/2024).

Modi berharap dengan pemimpin baru Indonesia, kerja sama antara India dan Indonesia akan semakin kuat ke depannya.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan kepresidenan baru untuk lebih memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara India dan Indonesia,” ucapnya.

10. Presiden Filipina Bongbong Marcos

Presiden Filipina Ferdinand Bongbong Marcos Jr mengucapkan selamat ke Prabowo Subianto yang unggul dalam quick count dan real count KPU di Pilpres 2024.

Marcos berharap kerja sama Indonesia dan Filipina semakin baik.

“Salam hangat saya ucapkan selamat kepada Menteri Pertahanan Prabowo yang memimpin dalam perhitungan suara Presiden Indonesia berikutnya,” ucap Bongbong Marcos dalam akun X yang dilihat, Rabu (21/2/2024).

Dalam cuitan ini Marcos me-mantion akun X Prabowo.

Marcos berharap hubungan bilateral Indonesia dan Filipina yang sekarang berlangsung bisa terus berlanjut.

“Saya berharap dapat memperdalam hubungan bilateral dengan Indonesia, sebagai negara tetangga dan mitra di ASEAN, terutama saat kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik pada tahun ini,” katanya. (Detik.com)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button