NASIONAL

Profil AHY, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN yang Baru

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Rabu, 21/2/2024) di Istana Negara, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN.

AHY menggantikan Hadi Tjahjanto yang juga dilantik Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

 

Profil

Berikut profilnya.

Agus Harimurti Yudhoyono merupakan putra sulung dari presiden SBY dengan Kristiani Herawati yang dilahirkan pada 10 Agustus 1978.

Ia menikahi Annisa Larasati Pohan pada awal Juli 2005. Beberapa bulan setelah menikah, Agus Harimurti meninggalkan istrinya untuk bertugas sebagai pasukan PBB ke Afghanistan selama kurang lebih setahun.

Dia memilih profesi di bidang militer karena pekerjaan tersebut mulia, dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang kita miliki.

Agus menambahkan profesi militer di negara mana pun memiliki tanggung jawab yang besar. Persepsi umum, menjadi prajurit itu sulit. Artinya menghadapi tugas-tugas yang penuh risiko, penuh tantangan.

Risiko itu dimulai dari yang paling kecil meninggalkan keluarga, jauh, dan dalam waktu yang cukup lama, sampai dengan risiko kehilangan nyawa di medan pertempuran.

Agus mengaku terinspirasi dari sosok perwira dan prajurit yang penuh dedikasi, hampir setiap saat, waktu dan energinya diberikan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Pada 17 Agustus 2008, tepat di Hari Kemerdekaan ke-63, istrinya melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Almira Tungga Dewi Yudhoyono melalui operasi caesar.

 

Lulus SMA di Taruna Nusantara

Agus menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Taruna Nusantara pada 1997 dan Akademi Militer 2000.

Agus kemudian mengambil gelar Master di bidang Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies, Nanyang Technological University (NTU), Singapura pada 2006.

BACA JUGA  Bersama Perwakilan Pemkab OI, AsSajidin Group Hadiri Gala Dinner HPN Medan 2023

Pada Mei 2010, Agus meraih gelar Master of Public Administration pada John F. Kennedy School of Government, Harvard University, Massachusetts AS.

Pada Maret 2012 Kapten Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono, putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, meraih 3 penghargaan:

– Distinguish International Honour Graduated

– Medali The Order of Saint Maurice

– The Commandants List dari sekolah militer Angkatan Darat di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Prestasi dan karier dalam bidang kemiliteran terpaksa harus terhenti. Pada 2016, Agus secara resmi mengundurkan diri dari TNI. (Liputan6.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button