OGAN ILIR

Tekan Kenaikan Harga Beras, Pemkab OI Buka Pasar Murah

MAKLUMATNEWS.com, Inderalaya,—–Guna menekan kenaikan harga beras dipasaran, Bupati Ogan Ilir Panca Wijaya Akbar ‘meng-hujani’ warga dengan 2ton beras dan 400 liter minyak goreng harga murah.

Sebanyak 400 paket Pasar Tani yang digelar Pemkab Ogan Ilir melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ludes diserbu warga hanya dalam waktu 1,5jam. Harga 1 paket berupa 5kg beras merek stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) dan 1 liter minyak goreng dijual Rp69ribu. Pasar Tani tersebut digelar dihalaman Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemkab Ogan Ilir Jumat, 23 Februari 2024.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan H Abi Bakrin Sidik melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir Eni Yustilawati dan Analisis Ketahanan Pangan Isnarmayanti mengatakan, pihaknya menyediakan 400 kupon pada gelaran pasar murah yang diberi nama Pasar Tani

“Alhamdulillah, kita buka pukul 09.00 wib baru 11.30 wib sudah habis, ada 400 kuppn kita sebar semuanya ludes. Bahkan ada 50 orang yang pulang dengan tangan hampa. Insya Allah setiap Jumat kita gelar lagi sabarnya bagi yang belum kebagian,”jelasnya

Menurut Eni, kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu kegiatan dari Gerakan Pangan Murah (GPM), yang bertujuan untuk menstabilkan harga pangan di Kabupaten Ogan Ilir.

“Kegiatan ini kita siapkan 400 paket, yang berisikan beras 5 kilogram dan minyak goreng 1 liter, dengan harga per paket Rp60ribu. Total 2ton beras dan 400 liter minyak goreng. Kami berterimakasih kepada Pak Bupati Panca yang sudah mensuport kegiatan ini. Saat ini harga beras tunggi, tentunya dengan program Pak Bupati Panca seperti ini sangat membantu warga untuk mendapatkan beras dan minyak dengan harga murah,”katanya

Adapun beras yang dijual pada pasar murah gelaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir ini adalah beras merek SPHP ukuran 5 kilogram, dan minyak goreng 1 liter.

Yanti menambahkan bahwa gelaran pasar murah atau pasar tani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir ini, untuk menstabilkan harga di pasaran.

Ia berharap, dengan adanya pasar murah ini bisa membuat harga bahan pokok di pasaran menjadi stabil. Karena, harga bahan pokok yang ada saat ini lebih tinggi.

“Gerakan pangan murah ini sudah kita laksanakan sejak Januari 2024 lalu. Total sudah 91 ton beras yang kita jual ke masyarakat. Kegiatan Pasar Tani ini sudah ke 14 kali kita laksanakan, baik di kecamatan, di stand HUT Ogan Ilir, di aula Pemkab, depan kantor dan sebagainya,”ujarnya.

Pasar murah ini diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ogan Ilir, setiap hari Jumat untuk seluruh masyarakat Kabupaten Ogan Ilir.

“Mudah-mudahan pasar murah ini dapat membantu meringankan perekonomian masyarakat, yang mengalami kesulitan karena tingginya harga bahan pokok saat ini,”katanya

Warga Inderalaya Yuli mengatakan sangat membantu Pasar Tani tersebut, pasalnya harganya terjangkau dan kualitas berasnya premium. “Ya kami sangat terbantu, karena harga beras dan minyaknya murah. Sangat jaub harganya, inginnya kita sering-sering dilaksanakan karena sangat membantu kami rakyat kecil. Terimakasih Pak Bupati Panca,”ujarnya

Bupati Panca Wijaya Akbar berharap kegiatan Pasar Tani yang menjual beras dan minyak goreng murah ini diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat luas, meringankan beban masyarakat membeli beras dengan harga murah.

Reporter : Henny Primasari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button