NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 9 Surat Al A’raf Ayat 184 Nabi Muhammad Bukan Seorang yang Gila

بسم الله الرحمن الرحيم

[Surat Al-A’raf Ayat 184 berbunyi :

{ أَوَلَمۡ یَتَفَكَّرُوا۟ۗ مَا بِصَاحِبِهِم مِّن جِنَّةٍۚ إِنۡ هُوَ إِلَّا نَذِیرࣱ مُّبِینٌ }

Artinya :

Dan apakah mereka tidak merenungkan bahwa teman mereka (Muhammad) tidak gila. Dia (Muhammad) tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang jelas.

Pada ayat ini Allah menyatakan bahwa tidakkah mereka merenungi dengan memperhatikan kebersamaan mereka dengan Muhammad, di mana sebelum kerasulan ini mereka sangat mengetahui tentang diri Muhammad, baik dari sisi kejujurannya yang mendapat julukan Al Amin atau keuletannya yang hidup secara mandiri sejak masih anak-anak atau kefasihannya dalam berbicara atau keamanahannya dalam kehidupan dan kecerdasannya dalam bertindak dan lain sebagainya.

Jika mereka merenungi itu semua maka mereka akan menyadari dengan tanpa paksaan bahwa sungguh Muhammad bukanlah seorang yang gila.

Semua yang dilakukan Muhammad adalah peringatan akan azab yang pedih yang bisa menimpa mereka baik di dunia maupun di akhirat akibat kekafiran mereka dan semua yang disampaikannya adalah nasihat nyata yang bermanfaat.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani as-Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, juz 7 Surat Al An'am Ayat 33  Perkataan Orang-Orang Kafir itu Lahir dari Pembangkangan Mereka Terhadap Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button