CAHAYA RAMADAN

Berbagi Tips Kelola Keuangan Saat Ramadhan dan Lebaran Ala Istri Pj Wali Kota Palembang Hj Dewi Sastrani SAg

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Saat bulan suci Ramadhan apalagi Lebaran terkadang membuat ibu rumah tangga lupa daratan.

Sementara di bagian lain, karena penghasilan yang pas-pasan, seorang ibu rumah tangga harus memutar otak agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik.

Terkait hal ini, Hj Dewi Sastrani SAg istri Pj Walikota Palembang Ratu Dewa membagikan tips mengatur keuangan agar tepat pada porsinya.

Dia memberikan tips agar ibu rumah tangga membeli barang sesuai kebutuhan bukan keinginan agar hemat.

Menyiapkan kue atau masak untuk menjamu tamu lebaran juga harus diperhitungkan agar jangan terlalu banyak karena akan mubazir juga menghabiskan uang.

“Beli atau buat makanan yang disukai tamu dan juga keluarga misalnya makanan tidak manis atau asin, lalu masak dengan porsi secukupnya saja karena masak banyak juga akan mubazir sebab bosan dikonsumsi jika dimakan lebih dari dua hari dengan menu yang sama,” ujarnya saat hadir dalam talkshow women corner Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post.

Membuat makanan juga pilih yang berbeda dengan menu pada umumnya karena biasanya menu lebaran relatif sama di semua rumah sehingga akan bosan jika menu yang di rumah juga sama.

Berbeda halnya misalnya membuat pempek dan menu Palembangan lainnya, meski menunya sama namun banyak disukai semua orang.

Walau banyak yang suka namun harus tetap pertimbangkan porsi memasakkan jangan berlebihan karena akan membuat biaya pengeluaran juga lebih besar.

Selain itu, terkait tradisi baju baru saat lebaran. Sebenarnya tidak harus dilakukan karena jika baju lama masih bagus maka bisa dipakai lagi dan uang untuk membeli baju bisa dialokasikan ke biaya lainnya.

BACA JUGA  Tips Jaga Tubuh Agar Tetap Fit Selama Bulan Suci Ramadan

Atau jika memang ingin membeli baju baru untuk lebaran bisa dibeli jauh hari jangan mendekati lebaran karena harganya pasti naik.

“Kalau kebetulan waktu senggang lagi jalan dan melihat ada pakaian yang diinginkan, bisa dibeli dan disimpan untuk lebaran jadi tidak harus jelang lebaran belinya,” ujar Dewi.

 

Kesehatan

Guru SMA Negeri 2 Puncak Sekuning itu juga menegaskan agar umat muslim jangan berlomba-lomba fokus dengan lebaran namun juga harus tetap memperhatikan kesehatan.

Kesehatan jauh lebih penting agar umat muslim yang berpuasa bisa lancar hingga lebaran dan bisa berkumpul bersama keluarga.

Untuk menjaga agar tetap sehat selama dan produktif caranya dengan tetap memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari.

Biasakan mencukupi kebutuhan gizi sehat seimbang, juga memperbanyak mengkonsumsi air putih.

Begitu juga dengan di keluarganya, saat buka dan sahur juga tidak menyiapkan menu berlebih dan secukupnya saja.

Sebab sang suami, Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa suka berbuka dengan menu dogan murni tanpa campuran dan menu burgo juga serabi. Sedangkan saat sahur menunya harus ada olahan ikan.

“Bapak tidak sulit makannya apa saja mau tidka rewel,” ujar ibu empat anak itu.

 

Sumber : Sumsel.tribunnews.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button