NASIONAL

Resmi Ditetapkan KPU Sebagai Capres-Cawapres Terpilih Pilpres 2024, Prabowo : Selanjutnya Kami Akan Bekerja Keras

MAKLUMATNEWS.com, Jakarta — Hari ini, Rabu (24/4/2024) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI secara resmi menetapkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penetapan ini dilakukan setelah gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD ditolak Mahkamah Konstitusi (MK).

Hasil Pilpres 2024 ini dituangkan KPU RI dalam Keputusan Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Dalam Pemilu 2024.

“KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024 dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat.

 

Sidang Pleno

Penetapan dilakukan melalui sidang pleno terbuka di kantor KPU RI, diawali dengan penandatanganan berita acara oleh semua komisioner lembaga penyelenggara pemilu itu.

Penetapan Prabowo-Gibran ini meliputi perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah di luar negeri.

Prabowo-Gibran dinyatakan menang atas dua pasangan calon lainnya dengan selisih cukup jauh, dengan perolehan 96.214.691 suara atau sekitar 58,59 persen dari 164.227.475 suara sah nasional Pilpres 2024.

Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional. .

BACA JUGA  Hani Syopiar Ajak Seluruh Unsur Pemerintahan di Banyuasin Berikan Pelayanan Terbaik Untuk Masyarakat

Terakhir, capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengoleksi 27.040.878 suara atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional.

Dengan hasil ini, melansir Kompas.com, Prabowo-Gibran memenangi Pilpres 2024 satu putaran.

 

Bekerja Keras 

Sementara itu, di Jakarta kepada Media , Calon Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengatakan dirinya bersama Calon Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka berkomitmen untuk bekerja keras demi Indonesia ke depan.

Prabowo Subianto mengungkapkan hal tersebut sebelum memasuki Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk menghadiri penetapan capres-cawapres terpilih.

“Kami hari ini datang ke KPU sebagai bagian dari proses yang kami jalankan bersama, proses pemilihan presiden, dan kami sudah ikuti semua prosesnya,” kata Prabowo di halaman Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Prabowo lantas mengatakan bahwa hal terpenting saat ini adalah para tokoh politik bekerja sama demi Indonesia.

“Rakyat berharap dan menuntut semua pimpinan politik untuk bekerja sama, bekerja untuk rakyat,” ujar Menteri Pertahanan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin tersebut.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button