POLITIK

Fraksi PDIP DPR RI : Larangan Liputan Investigasi Sama Dengan Memberangus Demokrasi 

MAKLUMATNEWS. com — Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin menyatakan kebebasan pers tetap harus dijunjung tinggi, bukan justru dilarang khususnya dalam liputan investigasi.

“Kita berbicara dalam hal investigasi ya, karena yang kami dapatkan masuk itu bahwa investigasi jurnalis itu kalau dilarang, itu sama dengan pemberangus demokrasi,” ujar Hasanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, dikutip Rabu, 15 Mei 2024.

“Saya kira ada benarnya juga sih, tetapi tentu dalam kebebasan itu kita juga harus ada kehati-hatian untuk kepentingan masyarakat,” sambung TB Hasanuddin.

Ia menyatakan beberapa pihak pun menyarankan agar penyusunan UU Penyiaran, dikontrol oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Alasannya mengapa? Karena kalau investigasi jurnalistik itu, misalnya ada yang beririsan dengan materi penyidikan yang sedang dilaksanakan oleh aparat penegak hukum, maka sebaiknya itu sedikit cooling down,” ucap dia sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari Inilah.com.

“Lalu, bagaimana materinya? Ya diatur dalam aturan KPI. Saya sendiri setuju tidak usah ada pembatasan itu. Biarkanlah masyarakat yang mengontrol, tetapi tentu juga kami harus mendengar beberapa baik positif dan negatifnya dari hasil investigasi,” lanjutnya.

Banyaknya pro dan kontra di tengah masyarakat terkait hal ini, kata Hasanuddin, nantinya akan dibahas kembali di Badan Legislasi (Baleg) DPR.

“(Kalau target penyelesainnya) Insya Allah dalam waktu dekat kalau semua tidak ada masalah yang terlalu urgent, saya kira kita harus selesaikan. Tapi terbuka juga kemudian waktu itu diperpanjang,” tuturnya.

“Kami masih menunggu jadwalnya,” tandasnya.(*)

Editor : Aspani Yasland

 

BACA JUGA  Mantap Maju di Pilgub Sumsel 2024, Heri Amalindo Ambil Formulir Cagub di DPD PDIP, PAN dan PKB 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button