PENDIDIKAN

Ganti Dosen Pembimbing

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Rasanya hampir tidak percaya lagi di saat kita memasuki era komunikasi yang dirasakan sangat mudah menghubungi seseorang untuk beberapa keperluan, termasuk komunikasi antara mahasiswa dengan oknum dosen.

Kenapa tidak percaya lagi?

Begini ceritanya …

Sebuah harian daerah memuat berita berjudul ‘Mahasiswa Dipersulit Dosen Pembimbing Skripsi. Selama enam bulan tak direspon.’ Peristiwa itu terjadi di kota Baturaja, Sumatera Selatan.

Viral di media sosial cuitan seorang mahasiswi diduga dipersulit oknum dosen saat mau bimbingan skripsi.

Saat dihubungi oknum dosen tersebut tidak merespon sampai enam bulan lamanya.

Akibat ulah oknum dosen tersebut, kini sang mahasiswa dikabarkan putus asa dan stres hingga mengalami sakit.

Ketika mahasiswi mengirim chat untuk minta waktu berkonsultasi skripsi selalu menolak dengan segala macam alasan.

Pengakuan mahasiswi tersebut kontrak komunikasi melalui chat telah dilakukan dengan menjaga sopan santun yang berlaku di masyarakat.

Terakhir mahasiswi tersebut menghubungi yang bersangkutan pada 31 Mei 2024.

Sampai bulan Juni mahasiswi tersebut menginformasikan kepada oknum dosen pembimbingnya bahwa dia jatuh sakit dan opname di rumah sakit.

Sebenarnya model model seperti ini sudah harus dihilangkan, kenapa?Karena sebagai dosen mestinya yang bersangkutan harus melayani anak didiknya agar diberi semangat dan motivasi agar segera menyelesaikan pendidikannya dengan maksimal.

Bukan malah sebaliknya. Memang kadang kadang sebagai manusia apalagi profesi dosen ( guru) memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Terlepas dari semua kasus di atas, yang jelas tindakan tindakan tersebut harus di ambil alih oleh pimpinan program studi ataupun pimpinan fakultas. Karena secara material dan spritual merugikan mahasiswi yang bersangkutan.

Secara in material mahasiswi mengalami stress, secara material tentu akan menambah biaya kuliah dan lain lain termasuk membayar SPP per enam bulan..Dan belum tentu orang tuanya mampu?? Itu mesti dipertimbangkan oleh semua pihak.

BACA JUGA  Lanjut Usia dan Berbagi Ilmu

Salah satu solusinya pimpinan program studi atau yang berkompeten mengganti pembimbing skripsi yang baru. Dan memanggil oknum dosen tersebut. Alasan apa yang menyebabkan hal itu terjadi. Dan ini merugikan lembaga tempat mereka bernaung. (ril)

 

Kiriman Albar Sentosa Subari, Mantan Dosen UNSRI

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button