HUKUMOKU SELATAN

Terlibat Kasus Dana Desa,  Oknum Kades di OKUS Jadi Tersangka

MAKLUMATNEWS.com,OKUS —– Kepala Desa(Kades) Mehanggin Kecamatan Muaradua Kabupaten OKU Selatan(OKUS) di tetapkan sebagai tersangka oleh tim penyidik Kejaksaan Negeri OKUS dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Mehanggin tahun anggaran 2022 hingga tahun 2023 ,Rabu(3/7/24).

Melalui Kasi Intel Kejari OKUS Davit L. Sipayung Kepala Kejaksaan Negeri OKUS mengatakan tim penyidik Kejari OKUS melakukan penahanan terhadap CH selaku Kades Desa Mehanggin.

“Penahanan terhadap tersangka setelah tim jaksa penyidik melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan penyelewengan Dana Desa Mehanggin tahun anggaran 2022 dan 2023,”,kata Kasi Intel di dampingi Kasi Pidsus ,Kasi Datun dan tim penyidik di Kejari OKUS.

Modus yang di lakukan tersangka, kata Kasi Intel melanjutkan, dengan cara membuat dokumen dan kwitansi palsu pada SPJ tahun anggaran 2022-2023, tak hanya itu, tersangka juga menggelapkan dana Bantuan Langsung Tunai(BLT) serta pengadaan barang secara fiktif.

Dalam penyelidikan, penyidik menemukan pembangunan fisik yang menggunakan anggaran Dana Desa tidak sesuai dengan RAB dengan mark-up volume hingga mencapai 60 persen bahkan ada yang fiktif.

“Pada program ketahanan pangan di temukan juga mark-up sampai 60 persen dan ada juga yang fiktif begitu juga dengan pengelolaan BLT, ” bebernya.

Atas perbuatannya disinyalir menyebabkan kerugian negara hingga 400 juta rupiah, namun nominal tersebut masih belum bisa dipastikan karena masih menunggu koordinasi penghitungan tim penyidik dan Inspektoray Kabupaten OKUS, dan tersangka dikenakan pasal 2,3 dan Undang-undang tindak pidana korupsi dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Reporter : Iskandar

BACA JUGA  KPK Tetapkan Bupati Kapuas dan Istrinya Tersangka Korupsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button