ADSCOPE

7 Jam Nongkrong di Depan Rumah Mantan Bupati OI Ilyas Panji Alam Tim PBMD Gigit Jari, ‘Keukeuh’ Tak Mau Serahkan Mobdin LC Toyota

303

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG — Sebanyak 20orang anggota Tim Penertiban Barang Milik Daerah (PBMD) Pemkab Ogan Ilir (OI) ‘nongkrong’ selama 7jam di depan rumah pribadi Mantan Bupati OI H Ilyas Panji Alam, Selasa (6/4/2021). Mereka bermaksud menarik mobil dinas Toyota Land Cruiser (LC) hitam  yang digunakan sewaktu ia menjabat sebagai bupati. Sayangnya Tim PBMD malah ‘gigit jari’, pasalnya ia ‘keukeh’ tetap bertahan ingin membeli mobil tersebut.

Bahkan Mantan Bupati OI H Ilyas Panji Alam mengklaim telah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya untuk membeli mobil dinas yang digunakannya saat menjabat bupati.

Hal ini disampaikan Ilyas melalui sambungan telepon kepada salah seorang pejabat BPKAD OI Ariyadi yang ikut dalam operasi penarikan aset daerah di Polygon, Palembang

Namun Ilyas tak menjelaskan secara detil apakah ia menemui langsung atau mengutus orang lain untuk menemui Wakil Gubernur Sumsel.

Kabid Aset Daerah BPKAD OI Ariyadi mengatakan pukul 22.00wib, anak dari Mantan Bupati OI Ilyas Panji Alam menyerahkan telponnya kepada dirinya dengan tujuan agar ayahnya bisa berbicara persoalan mobdin yang masih digunakannya. 

“Pukul 22.00wib anaknya memberikan HP-nya agar Pak Ilyas bisa berbincang dengan saya. Kata Pak Ilyas tadi melalui sambungan telepon beliau mau membeli Mobil LC hitam itu, beliau sudah mengutus utusan ke Pak Wagub Sumsel, cuma saya bingung juga apa urusannya mobdin Pemkab OI dengan Pak Wagub. Ya karena ini-kan aset Pemkab OI. Tapi apapun jawabannya ya saya sampaikan ke atasan Pak Sekda OI Muhsin. Kemudian pukul 23.00wib Pak Ilyas pulang ke rumahnya menggunakan Hardtop merah dan bertemu kami dengan Tim PBMD sebentar, intinya masih mau membeli mobil dinas itu, katanya akan mengutus utusan untuk menemui Pak Bupati Panca. Yang jelas kalau mau memiliki mobdin tersebut saat ini-kan Pemkab OI belum ada melakukan penjualan, dan bupati memang belum ada mobil dinasnya. Sementara Pak Bupati Panca tidak melakukan pembelian mobdin baru karena fokus pada penanganan Covid-19. Ya untuk sementara khususnya Mobil Toyota LC hitam belum berhasil kita dapatkan, namun kita terus berupaya,”jelasnya. 

Merespon hal ini, Pemkab Ogan Ilir tidak tahu mengenai klaim Ilyas tersebut. “Kami harus pastikan dulu soal itu (klaim Ilyas),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Ogan Ilir, Muhsin Abdullah, Rabu (7/4/2021)

Muhsin juga mengatakan, ia akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Bupati dan Wakil Bupati Ogan Ilir mengenai langkah selanjutnya dalam proses penarikan mobil. “Kita ini kan kerja sesuai prosedur, mau dipastikan dulu semua ini. Tidak bisa saya langsung loncat konfirmasi ke Wagub Sumsel H Mawardi Yahya. Ya karena ini-kan memang asetnya Pemkab OI, kok bawa-bawa Pak Wagub bingung juga jadinya. Jadi kita koordinasi dulu dengan bupati dan sebagainya,” ujar Muhsin.

Sebelumnya, Tim PBMD Pemkab Ogan Ilir (OI) menarik paksa Mobil Pather Touring Hitam BG 1181 TZ yang diduga biasa dipakai Mantan Stafsus Bupati Ilyas Panji Alam bernama Feri, Selasa (6/4/2021). Petugas Tim PBMD tersebut terdiri dari 20 orang yang berasal dari Inspektorat, SatpolPP, Bagian Umum, BPKAD bidang Aset Pemkab OI.

Mobil tersebut diambil paksa dari bengkel di daerah Pakjo Kecamatan IB Palembang oleh tim yang dipimpin oleh Hobyandar, Sekretaris Ariyadi, Anggota Imtihana M Soib, Hafiz dan petugas Satpolpp lainnya.

Kondisi mobil yang dulu biasa dipakai oleh mantan Stafsus Feri diambil tanpa STNK sudah baik tanpa kerusakan, sayangnya Feri belum melakukan pembayaran atas kerusakan mobil dinas yang biasa dipakainya, sehingga meninggalkan bon alias hutangan. Mobil dinas tersebut tercatat pada aset kendaraan Disdik OI. 

Ketua PBMD Hobyandar mengatakan Mobil Panther Touring tersebut diambil paksa dari bengkel pukul 17.30wib. ” Jadi dari sejumlah mobil yang merupakan aset daerah tersisa 3 unit lagi yang belum diambil yaitu yang saat ini berada di tangan mantan Bupati OI H Ilyas Panji Alam yaitu Toyota LC Hitam, Mobil Camry Hitam yang saat ini diduga dipakai Pah, Mobil Pather Touring yang diduga dipakai KH Mus. Dan ini terus akan kita sisir dan kita ambil karena memang milik Pemkab OI,”jelasnya.

Pantauan pewarta, Tim PBMD OI terus melakukan penyisiran untuk mengambil Mobil Dinas Toyota LC Hitam yang saat ini diduga masih digunakan Mantan Bupati OI H Ilyas Panji Alam. Tim berulang kali mendatangi rumahnya yang terletak di daerah Polygon Palembang. Hingga pukul 20.00wib anggota tim tersebut belum berhasil menemui orang yang dimaksud dan mengambil mobdin yang merupakan aset daerah Pemkab OI.

Salah satu warga Desa Meranjat Kecamatan Inderalaya Selatan Rifai mengatakan seharusnya pejabat yang belum mengembalikan kendaraan milik negara tersebut merasa malu,”kan bukan barang milik dia, kembalikan saja tidak usah sampai dipaksa. Nggak malu apa?, apalagi sampai meninggalkan bon di bengkel bahkan STNK juga hilang. Wah saya jadi susah ngomonglah,”jelasnya.

Reporter :Henny