EKONOMILIFESTYLE

7 Tips Memilih Bank Digital yang Aman

MAKLUMATNEWS.com, Palembang – Anda mungkin pernah mendengar istilah perbankan digital atau bank digital.

Menurut Head of Digital Business Bank OCBC NISP, Rudy Hamdani, Bank Digital merupakan model bisnis bank yang menyediakan atau menjalankan kegiatan usaha utamanya melalui saluran elektronik terutama aplikasi mobile banking dengan keberadaan kantor fisik yang terbatas (minimal) atau bahkan tanpa kantor fisik bank.

Masing-masing bank digital memiliki dan menawarkan berbagai fitur dan layanan bagi para nasa bahnya.. Namun anda perlu mengetahui dan memperhatikan lebih detail nih agar tidak salah memilih.

Berikut 7 tips  untuk memilih bank digital supaya aman.

 

  1. Keamanan transaksi

Pertama pastikan bank digita sudah menggunakan One Time Password (OTP) bahkan memanfaatkan fitur biometrik sehingga transaksi lebih aman.

  1. Biaya dan bunga

Anda juga perlu memperhatikan biaya administrasi dan transaksi serta suku bunga yang ditawarkan oleh bank digital yang anda gunakan.

Pilihlah layanan bank digital dengan biaya yang tidak memberatkan kantong anda, Namun dengan suku bunga yang tentu menguntungkan.

  1. Pilihlah Produk dan layanan

Selanjutnya, pastikan bank digital anda menyediakan semua produk yang anda butuhkan ya, dan memiliki layanan lainnya yang memberikan kemudahan maupun keuntungan.

  1. Memiliki izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pastikan bank digital yang anda gunakan sudah berizin di OJK untuk menjamin keamanan data.

  1. Notifikasi transaksi

Perlu diingat notifikasi transaksi ini sangat penting loh. Pilihlah bank digital yang memberikan fitur notifikasi ke gawai anda atas setiap transaksi yang anda lakukan.

  1. Kemudahan akses

Pastikan kembali bahwa bank digital anda bisa diakses setiap saat ketika anda membutuhkan. Terlebih jika anda sedang berada di luar negeri yang memiliki zona waktu berbeda.

  1. Peserta LPS
BACA JUGA  Hoka-Hoka Bento Cari Tenaga Part Time Restaurant, Simak Syarat dan Cara Melamarnya

Terakhir, pilihlah bank digital yang merupakan peserta dari lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga dan anda terjamin keamanannya. (*/Merdeka.com)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button