82 TPS Masih Terkendala Sinyal

28

MAKLUMATNEWS.com, MURATARA-Sedikitnya 82 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilukada Bupati-Wakil Bupati Muratara masih mengalami gangguan sinyal. Dari jumlah tersebut 7 di antaranya total tidak ada sinyal (blank Spot).

Komisioner KPUD Devisi Teknis Ardianto, menjelaskan ada perbedaan mendasar dalam pelaksanan Pilkada di 2020. Perbedaannya kalau di situng pemilukada lalu menggunakan sistem sebagai imformasi saja. Sebaliknya sekarang memakai sistem c-rekap dengan fungsi untuk digunakan sebagai pembanding resmi hasil pilkada.

“Disitung pemilukada kemarin menggunajan sistem itu sebagai imformasi saja. Sebaliknya memakai C- rekap digunakan sebagai pembanding resmi hasil pilkada,”ungkapnya, kepada wartawan, kemarin.

Dia mengaku menggunakan sistem itu menemui kendala di 82 TPS diwilayah Kabupaten Muratara.

” 75 TPS yang sianyalnya lemah dan 7 TPS yang benar-benar blank spot. Namun kita pastikan bahwa dalam satu hari semua data itu masuk semua,” ungkapnya.
Dia menambahkan guna mengantisipasi masalah tersebut pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh PPS dan KPPS supaya setelah melakukan penghitungan surat suara, secepat mungkin harus melaporkan dokumen dan foto melalui C-rekap.

Ditanya masalah logistik? Dia mengatakan masalah logistik sebagian sudah mulai masuk ke KPU Muratara. Seperti kotak suara, surat suara dan tinta. Dalam waktu dekat logistik yang lain bakal akan masuk.

Reporter : Wan Asri