MOZAIK ISLAM

Ada 3 Golongan Manusia yang Terbebas Hisab di Hari Kiamat, Siapa mereka?

MAKLUMATBEWS.com, Palembang. —  Ada tiga golongan manusia yang  terhin dar dari peristiwa luar biasa pada Hari Kiamat kelak. Bahkan amalan mereka ini juga tidak akan dihisab di hari itu.

Mereka ditempatkan di atas bukit yang diciptakan dari kasturi.

Siapa tiga golongan itu?

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Abdullah bin Umar RA:

عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قال ثَلَاثَةٌ عَلَى كُثْبَانِ الْمِسْكِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ : عَبْدٌ أَدَّى حَقَّ اللَّهِ وَحَقَّ مَوَالِيهِ ، وَرَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ بِهِ رَاضُونَ ، وَرَجُلٌ يُنَادِي بِالصَّلَوَاتِ الْخَمْسِ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ .

“(Yaitu) pertama, seorang hamba sahaya (budak) yang menjaga hubungan baik dengan Tuhannya serta hubungan baik dengan majikannya.

Kedua, orang yang menghafal Alquran karena mengharapkan keridhaan Allah SWT dan menggunakan hafalannya untuk mengimami suatu kaum dan kaum itu senang dengan keimanannya.

Ketiga, orang yang mengajak sholat lima waktu sepanjang hari dan malam.” (HR Tirmidzi).

Abu Isa berpendapat hadits ini hasan gharib. Dalam jalur sanadnya, hanya diketahui nama-nama seperti Sufyan al-Tsauri, Abi al-Yaqzan dan Abu al-Yaqzan yang dikenal dengan nama Utsman bin Qais. Tetapi yang paling dikenal adalah Ibnu Umar.  (*/Republika.ci.id)

BACA JUGA  Kasih Sayang Allah Tiada Bertepi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button