Baru 7 Perumahan Serahkan Fasum dan Fasos ke Pemkot Palembang

KPK Tunggu Sampai Akhir November

43

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Wilayah II Bidang Pencegahan menunggu penyelesaian serah terima Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) dari pengembang ke Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, minggu ketiga November ini. Saat ini baru tujuh dari 1.135 perumahan yang menyerahkan Fasum dan Fasos ke Pemkot Palembang.

Koordinator Korsupgah KPK RI Wilayah II, Asep Rahmat Suwarda mengatakan, hal ini dimaksudkan agar dapat diketahui dari jumlah tersebut pengembang mana saja yang memiliki fasum dan fasos, tapi belum diserahkan ke pemerintah daerah.

“Peran KPK disini untuk melakukan tata kelola terhadap hal-hal yang berpotensi menimbulkan kerugian negara. Dengan ini tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat karena utilitasnya menjadi tanggung jawab pemerintah,” katanya usai rapat Koordinasi dan Monev Penyerahan Sarana, Prasarana dan Utilitas Perumahan dan Pemukiman di Kota Palembang, Kamis (15/10/2020).

Langkah penertiban Fasum dan Fasos di Palembang menjadi percontohan bagi daerah lainnya khususnya di Sumsel. Pihaknya bertekad dan sepakat menjadikan Pemkot Palembang sebagai Pemda pertama, yang menjalankan program penyerahan fasilitas umum dan sosial dari pengembang. Apalagi, populasi terbesar pengembang ada di sini.

“Untuk itu langkah cepat dilakukan agar di pekan ke tiga November sudah bisa dilakukan serah terima. Nanti kita lihat progresnya, paling tidak target kami 35 pengembang sudah lakukan penyerahan,” katanya.

Setelahnya, kata Asep mereka akan melaksanakan proses publikasi ke masyarakat mana saja Fasum dan Fasos yang sudah serahkan. Karena dalam aturan Permendagri, Perda dan Perwali pun telah jelas mengatur kewajiban penyerahan fasum dan Fasos ke Pemerintah daerah.

“Aturan mainnya sudah ada, nah tinggal bagaimana implementasinya. Kalau mereka tidak mau menyerahkan dalam aturannya juga jelas tertulis sanksi yang bisa saja diberikan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan dari total 1.135 perumahan dari 18 Kecamatan, Sukarami menempati posisi tertinggi dengan total 75 pengembang.

“Saat ini baru tujuh perumahan yang menyerahkan, dengan total luas yang diserahkan 121.872,55 M2. Secepatnya kita dorong melalui asosiasinya agar pengembang menyerahkan fasum dan Fasos. Dinas PRKP sebagai sekretariatnya,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi