DI KONTEN

Bila Perlu Gendong Anak Untuk Ikut Shalat Subuh

38
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Menjadi kedua orangtua tentunya memiliki peran penting dalam mendidik anak, terutama dalam pendidikan agama. Salah satu pendidikan agama yang wajib diajarkan kedua orangtua yaitu bagaimana cara agar anak menyukai dan melaksanakan salat yang merupakan hukum wajib dilaksanakan dalam Islam.

Dari Amr bin Syu’aib, dari bapaknya dari kakeknya radhiyallahu ‘anhu, beliau meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مُرُوا أَوْلاَدَكُمْ بِالصَّلاَةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرِ سِنِينَ وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِى الْمَضَاجِعِ

Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat ketika mereka berumur 7 tahun. Pukul mereka jika tidak mengerjakannya ketika mereka berumur 10 tahun. Pisahkanlah tempat-tempat tidur mereka“. (HR. Abu Daud no. 495. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Ustadz Akhirudin, Lc, mengatakan mengajari anak untuk salat tentunya dimulai dari membiasakan orangtua untuk mengajak anak salat ketika waktu salat telah tiba.

“Apalagi kalau salat subuh, Biasakan orangtua untuk membangunkan anaknya setiap mau sholat shubuh. Anak kecil jika sudah dibiasakan maka akan terus menerus membiasakan diri,”katanya, Jum’at (26/3/21)

Ajak anakmu bahkan gendong anakmu, untuk melaksanakan salat. Kemudian, tambahnya ajarkan anak untuk berpuasa agar kelak juga terbiasa sehingga tidak ada paksaan melakukannya.

“Orang dahulu ketika anak merasa lapar maka orangtua mengajak anak untuk bermain. Bukan menyuruh anak untuk berpuasa setengah hari,”katanya.

Ajarkan anak untuk Istiqomah, berdoa kepada Allah Azza Wa Jalla untuk kita agar beristiqomah.
“Karena istiqomah ini mahal maka dari itu doa lah kamu sampai akhir. Berdoa tetapkanlah aku pada agamamu,”katanya.

Reporter : Trijumartini