OLAHRAGA

Dalam Laga Uji Coba, Timnas Italia Kalahkan Timnas Turki 3-2

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Timnas Italia meraih kemenangan tipis 3-2 saat bertandang ke markas Turki dalam uji coba pada agenda FIFA Matchday di Stadion Konya, Rabu (30/3/2022) dini hari WIB.

Tim tuan rumah Turki sejatinya mampu unggul cepat 1-0 lewat gol Cengiz Under di menit keempat. Dia sukses mencetak gol usai mengecoh beberapa pemain Italia.

Gol Italia dicetak Bryan Cristante (35’) dan brace Giacomo Raspadori (39’ dan 69’). Turki memperkecil ketertinggalan melalui gol cepat Cengiz Under (4’) dan Serdar Dursun (83’).

Meskipun menang, kemenangan ini tidak berarti apa pun bagi Italia, tapi setidaknya jadi pelipur lara usai kegagalan melangkah ke putaran final Piala Dunia 2022. Di sisi lain, Turki memperpanjang penderitaannya setelah disingkirkan Portugal di play-off Piala Dunia Qatar.

Turki memulai pertandingan dengan percaya diri dan mencoba mengurung Italia. Di sisi lain, mesin pasukan Roberto Mancini tampak belum panas.

Pada menit ke-4, Turki mencetak gol kejutan. Under membawa bola di sisi kanan, menusuk ke dalam kotak penalti, lalu menembak bola rendah melalui sela kaki Donnarumma. Turki 1-0 Italia.

Gol cepat Turki menampar Italia. Pasukan Roberto Mancini lantas meningkatkan tempo serangan untuk mencoba balas menekan lawan.

Menit ke-35, gol balasan Italia akhirnya tiba. Umpan tendangan bebas akurat dari Biraghi dituntaskan sundulan sempurna Cristante ke sudut bawah gawang lawan. Turki 1-1 Italia.

Menit ke-39, Italia berbalik unggul. Tendangan gawang Bayindir buruk, bola dipotong Tonali yang langsung meladeni Raspadori di posisi bebas. Turki 1-2 Italia. Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. Skor 1-2 mengantar para pemain ke ruang ganti.

BACA JUGA  Timnas Belanda Sukses Raih Tiket 16 Besar

Turki mencoba keluar menyerang di babak kedua. Pada menit 51, Turki menggempur dengan dua peluang beruntun yang diciptakan Hakan Calhanoglu dan Mert Muldur, namun tidak ada yang tepat sasaran.

Turki kembali mengancam pada menit 64. Namun Gianluigi Donnarumma dengan sigap menggagalkan upaya yang dilakukan Kaan Ayhan. Italia kembali memperlebar jarak pada menit 69. Giacomo Raspadori berhasil mencetak gol melalui tembakan kaki kanan, skor berubah menjadi 3-1.

Turki akhirnya berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit 83. Tembakan Sardar Dursun tak mampu dibendung Gianluigi Donnarumma.

Turki hampir bisa menyamakan kedudukan pada menit 85 dan 86. Namun tandukan Serdar Dursun dan Kaan Ayhan mampu diantisipasi Gianluigi Donnarumma dengan apik. Alhasil, skor 3-2 pun bertahan hingga laga usai. Italia berhasil menghibur diri usai gagal tampil di Piala Dunia 2022.

Susunan pemain:

TURKI (3-4-3): Altay Bayindir; Ozan Kabak (9′ Kaan Ayhan), Merih Demiral, Caglar Soyuncu; Mert Muldur, Dorukhan Tokoz (62′ Salih Oezcan), Hakan Calhanoglu (77′ Taylan Antalyali), Ridvan Yilmaz (63′ Berkan Kutlu); Cengiz Under, Enes Unal (77′ Dogukan Sinik), Muhammed Kerem Akturkoglu (62′ Serdar Dursun).

ITALIA (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Mattia De Sciglio, Francesco Acerbi, Giorgio Chiellini (76′ Alessandro Bastoni), Cristiano Biraghi; Matteo Pessina (76′ Stefano Sensi), Bryan Cristante (76′ Manuel Locatelli), Sandro Tonali; Nicolo Zaniolo (46′ Mattia Zaccagni), Gianluca Scamacca, Giacomo Raspadori.

Editor : Sgw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button