Deru : Pengembangan Sektor Pertanian Mampu Menurunkan Angka Kemiskinan

12

MAKLUMATNEWS..com, PALEMBANG — Gubernur Sumsel, H Herman Deru saat menjadi Keynote Speaker dalam acara Webinar Sarasehan Data dengan tema “Peta Potensi Pangan Strategis Sumatera Selatan: Mengamankan Lumbung Pangan di Masa Pandemi diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel.

Menurut Deru hal tersebut telah dibuktikannya saat dirinya menjadi Bupati di Kabupaten OKUT dimana sektor pertanian mampu menurunkan tingkat kemiskinan di Kab OKUT dari dua digit menjadi hanya 1 digit. HD katakan hal tersebut dapat diwujudkan karena adanya komitmen dan fokus dalam pengelolaan dan pengembangan sektor potensi daerah, salah satunya pertanian. “Pandemi covid-19 membuat masing-masing kepala daerah mencari formulanya. Ditengah berbagai sektor yang terdampak covid-19. Salah satu terobosan yang dilakukan Pemprov Sumsel yaitu mempertajam potensi pertanian untuk menunjang pertumbuhan perekonomian di Sumsel,” ujarnya.

“Upaya pengembangan lumbung pangan juga butuh didukung oleh atribut Iainnya seperti penyediaan Iahan, pendanaan, serta SDM yang memadai. Maka disitu peran Pemerintah untuk intervensi. Selain itu, juga dibutuhkan fokus dan komitmen kepala daerah sehingga tidak ada Iahan alih fungsi untuk menjaga Iahan persawahan yang ada,” katanya..

Deru mengatakan, masyarakat juga perlu diedukasi terkait pengelolaan Iahan dan menumbuhkan jiwa enterpreneur. Dan mencarikan solusi dalam hambatan-hambatan yang ditemukan petani di lapangan.

Reporter : Maulana