DI KONTEN

Dispora Ajak Jurnalis Kampanyekan Olahraga di Masyarakat

44
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Perkembangan event olahraga di Bumi Sriwijaya yang terus bergulir seyogyanya diikuti pola masyarakat yang juga menyukai olahraga terutama olahraga masyarakat.

Apalagi, dimasa Pandemi COVID-19 ini olahraga diharapkan menjadi salah satu untuk meningkatkan imun tubuh dalam guna menangkal wabah Pandemi ini.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) H Akhmad Yusuf Wibowo dalam pembukaan Workshop Jurnalis Olahraga di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Senin (29/3/2021).

Kegiatan ini digelar atas kerjasama Dispora Sumsel dengan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel yang dihadiri langsung Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar, Ketua SIWO PWI Sumsel Kawar Dante dan diikuti jurnalis, baik jurnalis cyber, cetak, elektronik maupun jurnalis kampus.

“Kami berharap melalui workshop ini, para jurnalis bisa memasyarakatkan Olahraga,” ujar H Akhmad Yusuf Wibowo.

Tak kalah penting, Yusuf menambahkan bahwa saat ini derasnya perkembangan informasi membuat informasi semakin cepat. Sehingga bagaimana jurnalistik berperan dalam menangkal hoax atau warta dusta.

“Terutama bagaimana mendukung perkembangan prestasi Olahraga di Sumsel melalui peran jurnalistik Olahraga sesuai koridor yang berlaku. Karena untuk menjadi atlet itu tidak mudah bahkan idealnya itu 10 tahun, dengan intensitas 10.000 jam terbang latihan serta kompetisi yang cukup,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar selaku pemateri yang mengangkat tema tentang Idealisme dan Jurnalis Menangkal Hoax mengatakan bahwa menangkal hoax adalah salah satu peran pers bagaimana menjadi kontrol sosial agar informasi yang berkembang ke masyarakat adalah sesuai fakta.

“Jadi bagaimana kita itu melakukan saring sebelum sharing. Dan untuk pelaku media sosial bagaimana kita itu memposting yang penting, bukan malah kebalik yang penting posting,” pungkasnya.

Reporter : Sugi