DI KONTEN

ESport Berpeluang Dipertandingkan di Porprov OKU

429
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel merespon cepat keinginan Pengurus ESport Sumsel yang menginginkan cabang olahraga (Cabor) ESport dipertandingan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII OKU November 2021 mendatang.

Pasalnya, pesatnya perkembangan ESport mulai dari PUBG, Mobile Legends hingga Free Fire yang merata di wilayah Sumsel dan didukung dengan telah terbentuknya Pengurus Esport di kabupaten/kota di Sumsel membuat Cabor ini layak dipertandingan diajang multievent olahraga bergengsi dua tahunan provinsi.

Demikian dikatakan Sekretaris Umum KONI Sumsel Ir Suparman Romans, Jumat (12/2/2021).

“ESport sangat berpeluang bisa dipertandingkan, karena infrastruktur pertandingan sudah tersedia. Kita sedang mengkaji dan mengkalkulasi kemungkinan ESport untuk menjadi Cabor tambahan yg akan dipertandingkan di Porprov XIII,” ujarnya.

Suparman menambahkan bahwa pertimbangan tersebut cukup beralasan mengingat pesatnya perkembangan pembinaan prestasi para atletnya di Sumsel. Kemudian untuk sarana perlengkapan tanding yang sudah tersedia di Kabupaten OKU. Baik OKU , OKUT maupun OKUS sangat potensial sebagai tuan rumah penyelenggara.

Ia menilai bahwa ESport meski terbilang baru sebagai Cabor prestasi, tapi para atlet Sumsel sudah menorehkan prestasi di level nasional. Kemudian perkembangan aktivitas ESport di kab/kota juga sudah merata.

“Jadi bukan kepengurusan papan nama, sebaliknya mereka telah eksis beberapa tahun terakhir, hanya wadah organisasi induknya selama ini belum terbentuk sesuai hirarki keanggotaan di KONI,” jelasnya.

Ia berharap lahirnya Pengurus ESport di Sumsel mampu menjadikan salah satu ESport sebagai Cabor prestasi yang bisa merangkul para generasi muda yang saat ini cukup banyak berkompetisi virtual melalui smartphonenya baik dipertandingan PUBG, Mobile Legends maupun Free Fire.

Reporter : Sugi