NASIONAL

Gubernur Sumsel Saksikan Penyerahan DIPA dan TKDD 2023 secara Virtual di Istana Negara

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menyaksikan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun anggaran 2023 oleh Presiden RI melalui videoconference di Istana Negara.

Presiden Joko Widodo mengarahkan Gubernur/Bupati/ Walikota agar memperhatikan angka inflasi di daerah agar tetap terjaga dengan baik. Dan mempercepat relisasi belanja APBN dan APBD.

“Kita tetap harus waspada dan hati-hati, karena perekonomian global sedang tidak baik-baik saja, kita harus siap segala kemungkinan yang mungkin terjadi dan tidak terprediksi. Dengan memanfaatkan setiap peluang yang ada,” ujarnya.

Jokowi meminta untuk memfokuskan kebijakan pada penguatan kualitaals SDM, akselerasi reformasi sistem perlindungan sosial, melanjutkan pembangunan infrastruktur, membangunan infrstruktur dengan menambahkan sentra-sentra ekonomi baru, revitalisasi industri, pemantapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi.

“Saya minta kementerian, lembaga, pemda, mengendalikan secara detail belanja-belanka yang ada. Memperbesar pembelian produk-produk dalam negeri, khususnya produk UMKM. Kerja harus terintegrasi, tidak sektoral dan jalan sendiri-sendiri,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo menyerahkan DIPA secara simbolis ke 14 Lembaga Tinggi Negara terdiri atas 11 Kementerian dan 3 Lembaga negara.

Kegiatan ini dikuti oleh Para Menteri RI dan Para Kepala Daerah seluruh Indonesia.

Turut hadir Sekda Sumsel, Ir. S. A. Supriono, Kepala BPKAD Sumsel, Akhmad Muklis, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti.

 

Reporter  :  MN

BACA JUGA  Harga BBM Shell Turun, Setara Pertamax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button