SUMSEL

Hadiri HUT PU ke-77, Herman Deru : Ulang Tahun Momen untuk Introspeksi Diri

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Fun Morning Gateball dalam rangka Peringatan Hari Bakti PU ke-77 dilaksanakan di lapangan Gateball Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel, Kamis (1/12/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumsel, Balai Besar Wilayah Sungai VIII, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumsel, Balai Jasa Kontruksi Wilayah II Sumatera, Balai Pemyedia Perumahan V, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Kontruksi, Balai Pembangan Kompetensi PUPR Wilayah 2 Palembang, Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Dinas PU PSDA Provinsi Sumsel dan dari Dinas PUPR Lubuklinggau.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan, momen ulang tahun adalah momen untuk introspeksi diri tentang apa yang sudah dilakukan di bidang masing-masing. Yakni introspeksi diri tentang apa yang sudah dilakukan, yang sedang dilakukan dan program apa yang akan dilakukan ke depan.

“Pekerjaan di PU ini adalah dinamis. Karena terkadang ada bangunan yang baru dibangun ada yang rusak lagi entah itu karena bencana, atau hangus atau karena insiden lainnya,” ujarnya.

Menurut Herman Deru, hendaknya ada pertemuan sebulan sekali yang dihadiri oleh seluruh balai serta kabupaten kota dan provinsi.

“Salah satu kelemahan yang paling buruk adalah membelanjakan uang yang tidak tepat sasaran dan memberikan bantuan yang tidak tepat tepat sasaran.

Agar tidak salah membelanjakan dan membantu yang salah maka maka semua harus duduk bersama-sama dalam melaksanakan sebuah pekerjaan atau program,” ujarHerman Deru.

“Tidak ada satupun pekerjaan yang tidak ada hubungan dengan PU. Sebagai contoh misalnya membangun irigasi untuk pertanian atau membangun sekolah atau membangun gedung lainnya itu bersangkutan dengan PU.

Jadi banggalah menjadi bagian dari PU. Dan dalam bekerja kita harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap institusi,” ucapnya.

BACA JUGA  Dekranasda Akan Dijadikan Taman Mininya Sumsel

Kepala Dinas PU Perkim Provinsi Sumsel, Ir. H. Basyaruddin Akhmad, M,sc. menuturkan, hari ini merupakan kegiatan hari kedua dari rangkaian Hari Bakti PU.

“Kemarin sudah sharing  tentang teknologi beton. Hari ini Fun morning Gateball dan  sekaligus meresmikan lapangan Geteball di Dinas Perkim,” katanya.

“Besok kita akan melanjutkan gowes untuk memupuk kebersamaan dan persahabatan dengan seluruh balai dan seluruh dinas yang berkaitan dengan PU.

Hari Sabtu kita akan apel bersama di balai dan  seluruh dinas terkait PU.

Harapan Kita di HUT PU dapat  menghidupkan olahraga Gateball yang kedua menjalin kebersamaan dan silaturahmi antar institusi PU,” tuturnya.

Sekretaris Dinas PU Perkim Provinsi Sumsel Hendrian menuturkan, yang ikut pertandingan Gateball ini ada 11 tim masing-masing tim terdiri dari 5 orang.  Jadi sekitar 55 orang terdiri dari 7 dari Balai yang dibawah Kementrian PU dan 3 dari dinas PU di lingkungan Pemprov Sumsel dan satu dari kota Lubuklinggau.

“Fun Gateball merupakan ajang  silaturahmi. Tapi dari panitia ada kenang-kenangan ada hadiah juara 1, juara 2 dsn juara 3 diberi hadiah stik Gateball dan uang pembinaan,” katanya.

Dia menerangkan, olahraga Gateball adalah olahraga lama dari negara Jepang. Sudah ada kejuaraan nasional bahkan kejuaraan dunia sudah dilaksanakan.

“Olahraga ini di Sumsel ini termasuk baru juga 5 tahun ini. Olahraga ini membutuhkan lapangan khusus, jadi perkembanganya tidak begitu pesat seperti olahraga lainnya.

Karena membangun lapangan ini membutuhkan lahan ukurannya 15 kali 20 meter seperti lapangan bola mini,” tandasnya.

 

 

Reporter :  Yanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button