Hilang Kendali, Kapal Tongkang Batu Bara Hantam Dermaga Masjid Ki Marogan

1,607

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG – Kembali kapal tongkang batubara berulah. Kali ini tongkang ukuran besar menabrak Dermaga Masjid Ki Marogan yang terletak di Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan Kertapati, Palembang, Sabtu (9/1/2021) pukul 09.15 WIB.

Tabrakan itu membuat tiang penyangga pelabuhan Masjid Ki Marogan bengkok, jembatan bergeser dan perahu warga yang sedang bersandar hancur dihantam tongkang.

Pantauan, peristiwa tersebut berawal saat kapal tongkang itu hendak mengisi muatan dan memutar di lokasi kejadian. Sejurus kemudian, kapal hilang kendali akibat angin kencang hingga menghantam Dermaga Masjid KI Marogan.
Faisal (60), warga sekitar yang melihat kejadian mengatakan, kapal tersebut biasa mangkal di sekitar lokasi kejadian.

“Kapal ini hendak memuat batubara, lalu hendak memutar. Karena angin kencang membuat kapal tongkang hilang kendali dan menabrak Dermaga Masjid Ki Marogan,” ungkap Faisal.

Dewan Pembina Masjid Ki Marogan Fauzi mengatakan, dia tidak mengetahui kronologis kejadian. Dia mendapat kabar itu setelah diberitahu warga sekitar.

“Kejadian ini sudah sering terjadi dan kami banyak mengalami kerugian. Penyangga dermaga masjid bengkok dan ada yang patah, lalu jembatan bergeser, beruntung tidak ada korban jiwa,” ungkapnya.
PS Kasat Pol Air Polrestabes Palembang Kompol Cahyo Yudo W mengatakan, kejadian tersebut terjadi akibat angin kencang.

“Saat tongkang hendak memutar saat itulah tongkang menghantam Dermaga Masjid Ki Marogan. Kapten kapal sudah diamankan ke Pos 35 untuk diambil keterangan,” jelas Kompol Cahyo saat dikonfirmasi.

Reporter : Adigon