MOZAIK ISLAM

Ibu, Doakan Anakmu Agar Memperoleh Kehidupan yang Baik

Doa Ibu sangat afdhal, dan terkabul segera. Doakanlah anakmu Ibu

Maklumatnews.com – Tentu semua kita telah sering mendengar bagaimana makbulnya doa seorang ibu. Ketulusan ibu membuat Arsy bergetar ketika Ibu mendoakan anaknya. Ijabah Allah pun akan datang. Tentu Allah mengijabah doa bukan tergantu waktu, bisa cepat bisa juga lambat.

Begitula banyak kisah sering kita dengar. Tak berbeda dengan apa yang dialami oleh seorang ibu di banyak benua. Kisah seorang Psikolog yang amat populer di Kuwait, Dr Fauzia Addabbus, juga pernah menulis di Twitter tentang rahasia-rahasia doa seorang ibu jika tiap malam dia mendoakan anak-anaknya.

Tulisan itu berdampak luas  dan telah mengubah jalan hidup banyak orang di belahan bumi ini. Diceritakannya bahwa seorang ibu  telah menceritakan tak mempersingkat tidur setiap malam karena ingin mendoakan anaknya yang nakal.

Dalam doanya, ibu itu memohon mengatakan kepada Allah bahwa dirinya ridha kepada putranya. “Ya Allah, aku bersaksi kepada-Mu bahwa aku ridha kepada anak-anakku seridha-ridhanya, ridha yang sempurna dan ridha yang sepenuhnya. Maka turunkan ya Allah keridhaan-Mu kepada mereka demi ridhaku kepada mereka.”

Beberapa waktu berselang, Fauzia dikejutkan oleh seorang ibu yang berkata, bahwa dia telah mengubah kehidupannya secara total, sekarang dia merasa dalam kenikmatan yang tak terlukiskan karena akibat doa itu terhadap dirinya dan anak laki-lakinya yang berumur 22 tahun.

Doa Ibu, yang begitu makbul

“Sejak kelahiran anakku itu, aku hidup dalam penderitaan karenanya. Anakku itu tak pernah shalat dan bahkan jarang mandi, dia sering berdebat panjang denganku, dan tak jarang dia membentakku dan tidak menghormatiku, walaupun sudah sering aku mendoakannya. Maka ketika membaca //twittermu//, aku berkata: “Mungkin omongan ini benar? tampaknya masuk akal? dan seterusnya.

BACA JUGA  Jika Suami – Istri Ingin Bahagia, Harus Hidup yang Akur

Akhirnya kuputuskan untuk mencoba melaksanakan anjuranmu, walaupun aku tak yakin, bahkan mentertawaimu. Tetapi apa nyana yang terjadi. Suara anakku mulai merendah. Setelah seminggu, sapaannya kepadaku mulai berubah, dan pertama kali dalam hidupku aku tertidur dalam kedamaian. Namun demikian aku masih ragu. Kemudian kudapati putraku mandi, padahal aku tak menyuruhnya.

Minggu kedua dan aku terus mendoakannya sesuai anjuranmu. Putraku itu membukakan pintu untukku dan menyapaku, “Apa kabar ibu?” dengan suara lembut yang tak pernah kudengar darinya sebelum itu. Aku gembira tak terkira walaupun aku tak menunjukkan perasaanku kepadanya sama sekali.

Suatu ketika, pada waktu yang lain aku menelepon di ponselnya, dan dia menjawabku dengan nada yang berbeda dari biasanya : “Bu, aku di samping masjid dan aku baru akan shalat waktu ibu meneleponku.”

Aku tidak mampu menahan tangisku, bagaimana mungkin dia yang tak pernah shalat bisa mulai sbalat dan dengan lembut menanyaiku apa kabar? Tak sabar aku menanti kedatangannya dan segera kutanyai sejak kapan engkau mulai shalat? Jawabnya; “Aku sendiri tidak tahu Bu, waktu aku di dekat masjid mendadak hatiku tergerak untuk shalat. Sejak itu kehidupanku berubah 180 derajat.”

Anakku tak pernah lagi berteriak-teriak kepadaku dan sangat menghormatiku. Tak pernah aku mengalami kebahagian seperti ini walaupun aku sebelumnya sering hadir di majelis-majelis dzikir dan pengajian-pengajian.”

Demikian dahsyatnya ridha dan pentingnya doa seorang ibu. Karena beratnya kehidupan sehari-hari, seringkali seorang ibu melupakan ridha dan doa untuk anak-anaknya, sering juga dia menganggap bahwa pusat-pusat bimbingan psikologi adalah jalan lebih baik untuk perkembangan anak-anaknya; padahal justru ridha doa ibu adalah jalan tersingkat untuk mencapai kebahagiaan anak-anaknya di dunia dan akhirat.

BACA JUGA  Ikhlas Saja Jangan Mabuk Pujian Biar Allah Ridho

Jangan pernah bilang: “Ah, anakku masih kecil, ngapain di doakan?” Bagaimana jika engkau menunggu mereka makin besar dan dewasa, dan menjadi tua, di saat mereka lebih butuh akan doa-doamu, padahal mungkin waktu itu engkau sudah di haribaan Illahi?

Jadi doakan mereka mulai sekarang, dan jadilah orang yang bermurah hati dengan doa-doamu untuk mereka. Allah SWT telah mengaruniai para ibu sebagai wasilah bagi anak-anak dalam hubungan mereka dengan Allah SWT melalui ridha dan doa untuk mereka. Seorang ibu bisa melakukannya kapanpun dia mau. Ketuklah pintu-Nya kapan saja.

Penulis: Bangun Lubis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button