PALEMBANG

Jaga Kebersihan dan Wujudkan Ketahanan Pangan, Milenial di Sumsel Terinspirasi Figur Ganjar

MAKLUMATNEWS.com, Palembang — Relawan Ganjar Milenial Sumatera Selatan menggaet ratusan mahasiswa dan milenial masuk dalam barisan pendukung gerakan Ganjar Pranowo Presiden 2024.

Mereka hadir dalam acara bertajuk “Saatnya Kolaborasi, Gerakan Milenial Jaga Kebersihan & Wujudkan Ketahanan Pangan Masyarakat”

Sesuai namanya, kegiatan ini diisi dengan gotong royong bersih-bersih sampah di area bersejarah cagar budaya Sumsel, Benteng Kuto Besak.

Aksi sosial tersebut juga menyasar ke rumah ibadah seperti masjid di area Ponpes Tadabbur Al-Quran, Kelurahan Sukajaya, Sukarame, Palembang.

Mereka juga menyumbangkan sejumlah alat kebersihan.

Selain itu, Ganjar Milenial menebar 100 bibit ikan nila di tambak umum Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Kota Palembang sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat.

Gerakan ini menjadi bagian dari sosialisasi figur Ganjar Pranowo.

“Kegiatan ini terinspirasi dari sosok ayah Ganjar yang selalu menggaungkan kebersihan, gotong royong kemudian juga beliau selalu mengedepankan tentang program ketahanan pangan se-Jateng,” ucap Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Sumsel, Rudianto Widodo di Benteng Kuto Besak, Kota Palembang, Minggu (20/11/2022).

Pria yang akrab disapa Dodo ini menyebut, sejumlah gagasan dan inovasi Ganjar yang mengedepankan gotong royong di antaranya rumah tidak layak huni (RTLH), listrik murah, satu OPD satu desa, bantuan modal dan pengembangan usaha.

Program tersebut diluncurkan demi mengentaskan kemiskinan di Jawa Tengah (Jateng).

Ganjar juga terus menggalakkan upaya ketahanan pangan.

Salah satunya dengan mendorong optimalisasi kekayaan alam daerah yang dapat diubah menjadi beragam olahan pengganti beras.

Adapula infrastruktur penunjang ketahanan pangan seperti program 1.000 embung ala Ganjar.

Sejak 2016 hingga saat ini, program tersebut berhasil melahirkan 1.135 embung untuk kebutuhan pengairan air bersih ke rumah tangga dan pertanian, juga sekaligus sebagai irigasi masyarakat.

BACA JUGA  Zulhas : Ganjar Pranowo Pantas Jadi Capres RI dari PAN di 2024

“Dan sosok ayah Ganjar juga menginspirasi, figur beliau yang sangat kharismatik, berwibawa, selalu menjadi inovasi, dan merangkul milenial.

Sehingga inilah yang menjadi alasan kami mendukung ayah Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI 2024,” jelas Dodo.

Ganjar Milenial berkomitmen terus menjaring aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat khususnya kalangan mahasiswa dan milenial guna mendorong mewujudkan Ganjar Presiden 2024.

“Ganjar Milenial Sumsel akan menujukkan kegiatan positif lain yang kemudian menjadi tolak ukur referensi kalangan milenial mahasiswa dan pemuda khususnya di Sumsel,” tutup Dodo.

Nadia (19) selaku milenial asal Palembang mengaku kagum terhadap sosok Ganjar yang mampu memahami kondisi bangsa dan negara ini dengan baik lantaran memiliki pengalaman dalam pemerintahan yang lengkap.

Nadia dan milenial lainnya ingin program merangkul milenial seperti ‘Hetero Space’ diperluas ke seluruh penjuru negeri guna menumbuhkan jiwa enterpreneur.

“Harapan kami, semoga ayah Ganjar menjadi Presiden dan terus merangkul milenial dan mahasiswa agar selalu aktif, kreatif, inovatif, dan mampu mandiri,” kata Nadia.

Kaum muda yang terlibat juga melakukan konvoi motor sebagai aksi solidaritas.

Kegiatan tersebut melibatkan sejumlah unsur organisasi milenial seperti Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kota Palembang (IPNU), Forum Mahasiswa Palembang (FORMABANG), Komunitas Pencinta Alam (KPA ATLAS), serta Gerakan Milenial Nusantara Sumatera Selatan (GMN).

 

Reporter : Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button