Jelang Persiapan Popnas Venue Sumsel Bakal Ditinjau, Karena Sumsel Tuan Rumah

51

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (Popnas) XVI pada 23 Agustus hingga 5 September 2021, Sumsel terus mengejar persiapan mengingat Sumsel dinobatkan sebagai host city dalam multievent olahraga pelajar bergengsi ini oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Meski satu tahun sebelum pelaksanaan, namun Sumsel terus melakukan persiapan berkenaan dengan kesiapan secara menyeluruh.

“Persiapan Popnas, kita sudah tiga kali rapat dengan Bapak Sekda, dan pada tanggal 13-17 Oktober 2020 ini ada tim pusat yang akan meninjau kesiapan venue,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel H Riza Pahlevi, Kamis (8/10/2020).

Menurutnya, Sumsel akan menjadi tuan rumah bersama Bangka Belitung. Meski Sumsel telah berpengalaman menyelenggarakan multievent Olahraga hingga skala Internasional, namun persiapan terus dievaluasi guna memaksimalkan persiapan jelang pelaksanaan.

“Persiapan sudah 50 persen, ada 18 cabor digelar di Sumsel nantinya dan 6 cabor di Bangka Belitung,” jelasnya.

Disinggung mengenai kesiapan pelajar yang akan berlaga di Popnas, Riza mengatakan bahwa Sumsel sebelumnya akan menggelar seleksi tingkat provinsi pada April 2021 dan mereka yang terpilih akan menjalani Training Center (TC) atau pemusatan latihan.

Menurutnya, pihaknya sudah mulai mensosialisasikan kepada seluruh sekolah agar siswa-siswinya yang memiliki keahlian di cabang olahraga yang digelar di Popnas untuk bisa mempersiapkan diri untuk menjalani seleksi.

Beberapa cabang olahraga (cabor) yang bakal digelar di Sumsel sendiri salah satunya adalah silat, karate, catur, voli, sepak takraw, renang, tenis, senam dan lain-lain.

“Target prestasi kita ingin medali sebanyak-banyaknya, tapi tetap sportif dan profesional, kita tidak mau jadi juara umum tapi tidak sportif. Dan sebagaimana hasil rapat, ada tiga target kita yaitu sukses pelaksanaan, sukses prestasi dan sukses perekonomian,” pungkasnya.

Reporter : Sugi