DI KONTEN

Jembatan Ulu Musi Kabupaten Empat Lawang Ambrol Diterjang Banjir

131
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.comMasih dalam proses pengerjaan, jembatan penghubung Kecamatan Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel), rusak diterjang tingginya debit air Sungai Musi dini hari Selasa, 23 Maret 2021.

“Padahal jembatan ini dibangun untuk menggantikan yang pada Juni 2020 juga rusak karena peristiwa serupa,” demikian terungkap dari penjelasan Kapolsek Ulu Musi Iptu Hermansyah.

Menurut dia, Kabupaten Empat Lawang diguyur hujan lebat kemarin malam. Akibatnya debit air Sungai Musi naik.

Air yang meluap mulai mengenai badan jembatan yang baru setengah jadi dan masih ditopang oleh penyangga sementara. Jembatan tersebut akhirnya ambrol pada sekira pukul 03.30 WIB.

Kapolsek memperkirakan,  debit air dari hulu yaitu dari Kabupaten Kepahyang, Bengkulu, hujan deras juga terjadi. Akibatnya air semakin tinggi dan mengenai penyangga jembatan.

Hermansyah menyebut pembangunan jembatan tersebut sudah berlangsung sejak tujuh bulan lalu. Selama jembatan dibangun, warga memanfaatkan ponton untuk menyeberangi sungai.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah Sumsel Kiagus Syaiful Anwar membenarkan kejadian tersebut. Dan pihaknya telah melakukan pemeriksaan dan tengah mengevaluasi seberapa besar kerusakan jembatan yang masih dalam proses pembangunan tersebut.

Namun ia memastikan, negara tidak dirugikan karena kejadian ini. Sebab pembangunan jembatan sudah diasuransikan. Pihaknya akan segera membangun kembali jembatan tersebut, tapi harus membongkar dulu yang kini mengalami kerusakan itu, demikian dikutip MAKLUMATNEWS.com dari MoeslimChoice.com.(*)

 

Editor : Aspani Yasland