SEHAT

Jenis- jenis Makanan Pelancar ASI Secara Alami

MAKLUMATNEWS.com– Menyusui bayi dengan ASI sangat penting untuk tumbuh kembang anak di awal kehidupannya.

Dilansir dari American Academy of Pediatrics, merekomendasikan agar bayi disusui secara eksklusif selama sekitar 6 bulan pertama kehidupannya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan pemberian asi eksklusif hingga usia 6 bulan dengan pemberian ASI lanjutan disertai makanan pendamping yang sesuai hingga usia 2 tahun atau lebih.

Namun demikian tidak sedikit juga banyak ibu ibu yang produksi ASI nya justru sedikit dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi dalam sehari-hari.

Untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini  ada beberapa  jenis makanan yang bisa dicoba untuk meningkatkan produksi asi bundah :

  1. Sayuran hijau

Makanan yang memperlancar ASI paling ampuh yang pertama datang dari sayuran berdaun hijau. Bunda bisa mengonsumsi seperti bayam, selada, sawi, kangkung, hingga brokoli. Ini karena sayuran berdaun hijau mengandung fitoestrogen yang dapat memperbanyak ASI. Bunda juga tidak perlu mengkhawatirkan mitos yang berkembang bahwa jika mengonsumsi sayuran berdaun hijau dapat menyebabkan perut kembung ataupun rewel pada bayi.

  1. Daging tanpa lemak

Bunda boleh mengonsumsi daging, namun yang tanpa lemak. Bunda bisa mengonsumsi daging yang kaya akan kandungan protein, zat besi, dan vitamin B12. Ketiga kandungan tersebut baik untuk mendukung pertumbuhan tulang, saraf maupun otot pada bayi, serta dapat mencegah anemia pada ibu menyusui.

  1. Alpukat

Selanjutnya agar Bunda tidak mudah lapar saat menyusui, dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat. Makanan ibu menyusui jenis ini, dapat mengganjal rasa lapar dan bisa sebagai sumber nutrisi, seperti vitamin E, vitamin B, vitamin K, Vitamin C, potasium, dan folat yang baik untuk Bunda serta Si Kecil.

  1. Nasi
BACA JUGA  Coba Bandingkan, Ini Perbedaan Jamu dan Obat Fitofarmaka Aman Dikonsumsi

Selain alpukat, nasi juga dapat memperbanyak ASI dan menambah energi bagi tubuh. Lantaran sumber karbohidratnya yang melimpah. Tetapi bagi Bunda yang mengalami diabetes maka dianjurkan untuk mengonsumsi nasi merah karena memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah naik.

  1. Teh hijau

Selain dapat memperlancar buang air besar, teh hijau juga dipercaya bisa memperlancar ASI. Tetapi perlu diketahui jika ada batasan-batasan tertentu untuk mengonsumsi teh hijau pada Bunda menyusui.

Lantaran jika terlalu berlebihan, kandungan kafein yang terdapat pada teh hijau dapat berisiko mengurangi kadar zat besi dalam ASI. Serta dapat menyebabkan gangguan tidur, rewel, dan gelisah pada Si Kecil.

  1. Pepaya

Makanan memperlancar ASI berikutnya yakni pepaya. Tidak hanya daun, buah pepaya juga dapat membuat produksi ASI menjadi melimpah karena kandungan senyawa laktogenik pada buah tersebut.

  1. Susu

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu dapat menyehatkan dan memaksimalkan pertumbuhan tulang bayi. Selain susu, Bunda juga dapat mengonsumsi yoghurt maupun keju.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button