HUKUM

Kasus Membelit Panji Gumilang Kian Melebar, Setelah Penistaan Agama, Kini  Pencucian Uang

MAKLUMATNEWS.com – Kasus yang menimpa Panji Gumilang makin melebar. Selain dugaan penistaan agama islam, Pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun ini terlibat kasus pencucian uang. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD telah menyerahkan hasil laporan PPATK terkait dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Panji Gumilang.  Ada 145 rekening dari 367 yang diduga berkaitan dengan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukannya.

“Kami sudah menyampaikan laporan baru kepada Polri yaitu tentang tindak pidana pencucian uang. Kami telah bekukan 145 rekening dari 367 rekening yang diduga menurut PPATK mempunyai kaitan dengan pondok pesantren atau kegiatan Al Zaytun, kegiatan Panji Gumilang,” kata Mahfud kepada wartawan, Selasa, 11 Juli 2023.

Menurutnya, tindak pidana dalam konteks pencucian uang meliputi penggelapan, penipuan, pelanggaran aturan yayasan hingga tindak pidana pencucian uang dengan penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Kita sudah sebutkan disitu beberapa tindak pidana yang mungkin terkait itu. Yang itu semua diletakkan dalam konteks pencucian uang dengan penggelapan, dengan penipuan, karena melanggar UU yayasan, pencucian uang karena penggunaan dana bos dan sebagainya,” tutup Mahfud sebagaimana dikutip MAKLUMATNEWS.com dari Okezone.com.

Sekadar diketahui, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri akan segera melakukan gelar perkara penetapan tersangka dalam kasus dugaan penistaan agama Pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang.(*)

Editor : Aspani Yasland

 

BACA JUGA  Dicari: Hakim Yang Ideal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button