Masya Allah, Sudah Lebih 250 Ribu Pendaftar Umroh Perdana 4 Oktober Masa Covid-19

153

MAKLUMATNEWS.com – Kepala Kepresidenan dua tempat paling suci bagi umat Islam Sheikh Abdul Rahman Al Sudais telah meninjau langsung persiapan personil Masjidil Haram Makkah Al Mukarromah untuk menyambut tamu-tamu Allah Swt yang akan menjalankan ibadah umroh perdana yang akan dibukan mulai 4 Oktober 2020 di masa pandemi Covid-19.

Sheikh Sudais yang juga Imam Besar Masjidil Haram Makkah Al Mukarromah juga melihat langsung simulasi para personil mengani tawaf, sa’i dan selama berada di Masjidil Haram yang sesuai ketentuan protokol kesehatan.

Sementara itu, berdasarkan info Haramain.com,  mengungkapkan bahwa jumlah yang sudah mendaftar umroh perdana tersebut sudah lebih dari 250 ribu orang calon jamaah dan jumlah akan semakin terus bertambah. Calon jamaah yang ingin umroh harus mengisi dan mendaftar melalui aplikasi ‘Eat Marna’ . Umroh perdana ini masih diperuntukan hanya penduduk dan warga Kerajaan Arab Saudi.

Sementara itu, ada beberaoa ketentuan untuk umroh di masa pandemic covid-19 ini yakni rombongan jemaah akan dibagi ke dalam 12 kelompok dalam sehari dan pelaksanaan rangkaian Umrah hanya dibatasi waktu 3 jam per kelompok dan setiap kelompok akan didampingi oleh tenaga kesehatan di Masjidil Haram.

Simulasi Tawaf untuk umroh perdana.

 

 

Selanjutnya ada ketentuan seperti ini :

 

1) Semua peziarah harus menunggu 14 hari sebelum memesan tanggal lain untuk Umroh.

2) Aplikasi Eatmarna akan segera diluncurkan di Android – ini karena masalah teknis.

3) Semua jemaah haji bisa menunaikan umrah dua kali, namun harus menunggu 14 hari sebelum menunaikan umrah kedua kalinya.

Ini untuk memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menunaikan umrah sejalan dengan langkah-langkah pencegahan.

4) 35,000 permintaan telah didaftarkan untuk menunaikan ibadah umroh.

5) Pada fase 1, semua peziarah akan menunaikan Ibadah Umrah pada 6 waktu yang berbeda sehari, memberikan setiap peziarah 3 jam.

6) Antara shalat Maghrib dan Isha, jamaah haji TIDAK akan diizinkan untuk melaksanakan Umroh.

7) Waktu antara Maghrib & Isha akan dialokasikan untuk membersihkan dan mendisinfeksi.

8) Oleh karena itu, para peziarah akan mulai menunaikan Ibadah Umrah pada pukul 12 AM.

9) Aplikasi Android seharusnya diluncurkan lebih awal, tetapi tertunda karena kebijakan Android.(*)

 

Editor : Aspani Yasland