Mendagri Tito Karnavian : Kepala Daerah itu Tidak Hanya Punya Power, Tetapi Juga Harus Punya Follower

97

MAKLUMATNEWS.com — Mendagri Tito Karnavian mengemukakan, untuk menjadi pemimpin daerah bukan hanya power yang dibutuhkan tetapi juga follower yakni rakyat dan juga konsep membangun daerah.

Menurut Tito, dengan tiga hal tersebut seorang pemimpin tidak selalu bergantung kepada pusat dalam menggerakan pembangunan di daerahnya.

Terlebih kata mantan Kapolri ini, dengan kebijakan desentralisasi saat ini para kepala daerah juga mempunyai kewenangan khusus untuk otonomi. Bahkan hal ini memberikan ruang lebih luas pada kader untuk menjadi pemimpin daerah yang dipilih rakyat dan mampu membangun daerah masing-masing dengan karakter yang mereka ketahui.

Hal tersebut dikemukakan Mendagri Prof H.M Tito Karnavian ketika memberikan sambutan pada ajang pemilihan Kepala Daerah Inovatif 2020 di Sumsel yang memperebutkan tropi Mendagri,  Rabu, 18 November 2020 sore secara virtual dari Command Center Pemprov Sumsel.

Tito mengatakan, selain sebagai putra daerah, Ia sangat mendukung kegiatan ini karena dapat menjadi motivasi bagi semua kepala daerah untuk mengembangkan Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengatakan ajang ini sangat positif karena adanya  penilaian yang dilakukan sangat objektif oleh mereka yang berkompeten.

“Saya berterima kasih sekali dan berharap Kemendagri dan Sumeks grup dapat melanjutkan acara penilaian. Dan kita patut bangga karena penilaian ini betul-betul independen,” jelasnya.

Herman Deru berharap inovasi yang telah dilakukan kepala daerah-kepala daerah yang menjadi pemenang dapat mempercepat laju kesejahteraan masyarakat di Sumsel. Serta kegiatan pemilihan dapat dilakukan secara berkesinambungan bahkan hingga di tingkat Kabupaten/Kota.

“Dan mungkin saja ini bisa menjadi role model di nasional,” tambahnya.

Adapun pemenang Pemilihan Kepala Daerah Inovatif 2020 masing-masing yakni Juara 1 diraih oleh Kota Palembang, Juara 2 diraih oleh Kabupaten Musi Rawas dan juara 3 Kabupaten Muara Enim. Serta Kabupaten Muba dengan kategori terkomitmen dan paparan terbaik.

Hadir juga dalam agenda virtual itu antara lain General Manager Sumeks Nurseri Marwah, Walikota Palembang Harnojoyo, Bupati OKI H.Iskandar, Bupati Muba Dodi Reza Alex, dan Pjs Bupati Musi Rawas Ahmad Rizali, Pjs Bupati OI Aufa Syahrizal.(*)

Editor : Aspani Yasland