NGAJI ONLINE

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 44 Atas Kelalaian Mereka, Kami Berlakukan Istidraj

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 44 berbunyi :

{ فَلَمَّا نَسُوا۟ مَا ذُكِّرُوا۟ بِهِۦ فَتَحۡنَا عَلَیۡهِمۡ أَبۡوَ ٰ⁠بَ كُلِّ شَیۡءٍ حَتَّىٰۤ إِذَا فَرِحُوا۟ بِمَاۤ أُوتُوۤا۟ أَخَذۡنَـٰهُم بَغۡتَةࣰ فَإِذَا هُم مُّبۡلِسُونَ }

Artinya :

Maka ketika mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu (kesenangan) untuk mereka. Sehingga ketika mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka secara tiba-tiba, maka ketika itu mereka terdiam putus asa.

Pada ayat ini Allah SWT menegaskan manakala mereka melupakan peringatan kami kepada mereka dalam bentuk kemelaratan dan sakit yang kami timpakan, maka Kami berlakukan istidraj kepada mereka. Yaitu kami buka kemudahan-kemudahan kepada mereka, sakitnya kami sembuhkan kali, kemiskinan dan kemelaratannya kami ganti dengan kekayaan, semua mendukung kehendak dan syahwat mereka, sehingga mereka benar-benar lalai dari ancamannya kami. Dipuncak kejayaannya itulah kami kirim azab yang menghancurkan sehingga benar-benar terasa menyakitkan, dan menyebabkan mereka putus asa.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 83 Argumentasi Nabi Ibrahim adalah Hidayah dari Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button