NGAJI ONLINEUncategorized

Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An’am Ayat 60 Hidup Seorang Hamba Dalam Genggaman Allah Swt

بسم الله الرحمن الرحيم

Surat Al-An’am Ayat 60 berbunyi :
{ وَهُوَ ٱلَّذِی یَتَوَفَّىٰكُم بِٱلَّیۡلِ وَیَعۡلَمُ مَا جَرَحۡتُم بِٱلنَّهَارِ ثُمَّ یَبۡعَثُكُمۡ فِیهِ لِیُقۡضَىٰۤ أَجَلࣱ مُّسَمࣰّىۖ ثُمَّ إِلَیۡهِ مَرۡجِعُكُمۡ ثُمَّ یُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمۡ تَعۡمَلُونَ }

Artinya :

Dan dialah yang menidurkan kamu pada malam hari dan Dia mengetahui apa yang kamu kerjakan pada siang hari. Kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk disempurnakan umurmu yang telah ditetapkan. Kemudian kepada-Nya tempat kamu kembali, lalu Dia memberitahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Pada ayat ini Allah Swt menyatakan bahwa Dia- lah yang menggenggam sementara ruh seorang hamba saat dia tidur seperti seorang yang mati, dan mengetahui semua perbuatan yang engkau lakukan di siang hari.

Lalu Allah jualah yang mengembalikan ruh seorang hamba kepada raganya kala dia bangun di siang hari. Hal ini berlangsung terus menerus hingga habisnya masa hidup di dunia yang telah ditetapkan Allah Swt bagi seorang hamba.

Lalu hanya kepada Allah Swt tempat kembali pada hari kiamat, lalu Allah buka semua yang pernah dilakukan di dunia dan semua hamba dihadirkan untuk mempertanggung -jawabkan semua yang telah dilakukan selama hidup di dunia.

Wallahu A’lam

Agus Jaya
PP. Pena Kita Sakatiga Indralaya Ogan Ilir Sumsel
085840154015 / 081367472006
Tafsir al Qalam fi Bayani Kalam as Salam

BACA JUGA  Ngaji Tafsir, Juz 7 Surat Al An'am Ayat 35 Hidayah Adalah Hak Mutlak Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button