ADSCOPE

Saling Jual Program, Hingga Pemanfaatan Waktu Tak Maksimal

84

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Dua pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir (OI) mengikuti debat publik perdana Pilkada Ogan Ilir 2020. Debat yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir ini bertempat di Ballroom Hotel Harper di Jalan R Soekamto, Palembang, Kamis (12/11).

Dalam debat pertama yang mengusung tema Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat OI di tengah Pandemi Covid-19 ini dihadirkan empat orang panelis. Sementara dalam debat yang dimoderatori Hj Weny Ramdiastuti.

Masing-masing Drs H Joko Siswanto (Pengamat Politik yang juga Dosen Fisip Unsri), Dr Sri Rahayu,SE,MM (Direktur Pascasarjana UM Palembang), Dr Hendra Alfani (Dosen Unbara) serta Dr HM Adil,MA (dosen UIN Raden Fatah).

Paslon nomor urut 1, Panca Wijaya Akbar-Ardani dengan jargon “Ogan Ilir Bangkit”, memiliki visi “Ogan Ilir Bangkit Menuju Masyarakat yang Lebih Sejahtera Berlandaskan Masyarakat yang Beriman dan Bertakwa.”

Adapun misi dari paslon nomor urut 1 yakni diantaranya membangkitkan kualitas birokrasi, kesehatan, ekonomi khususnya di bidang usaha mikro, kevil dan menengah (UMKM), infrastuktur masuk desa.

“Sedangkan program kerja kami di antaranya mendorong pelaku dan UMKM-nya, memantapkan kehidupan beragama kerjasama dengan ponpes, modernisasi Rumah Sakit Tanjung Senai dan Puskesmas,” ujar Panca yang mendapat kesempatan pertama menyampaikan visi-misi.

Kemudian, Panca juga ingin menjadikan Ogan Ilir menjadi lumbung pangan untuk masyarakat, pemerataan akses internet, Tanjung Senai pusat pelayanan masyarakat, wisata dan kuliner.

“Karena saya sudah ke ratusan desa, OI sedang stagnan di berbagai bidang. Kami mengajak masyarakat bangkit kembali,” ujar Panca.

Panca Wijaya Akbar-H Ardani,SH,MH dalam debat kali ini menyoroti data Badan Pusat Statistik (BPS) dimana angka kemiskinan di OI kurun beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan dan angka pengangguran yang cukup tinggi.

“Saat ini yang paling terdampak akibat pandemi sektor UMKM dan pertanian. Dan hal ini menjadi tugas pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Panca diiyakan Cawabup Ardani. Sementara, paslon nomor urut dua, HM Ilyas Panji Alam,SH,MM-Ir Endang PU Ishak mengklaim kurun 4,5 tahun memimpin Bumi Caram Seguguk telah cukup banyak keberhasilan yang ditorehkan.

Untuk program lima tahun ke depan dirinya bersama Endang akan memprioritadkan pada sejumlah bidang. Diantaranya di bidang pertanian dimana hampir 61 persen masyarakat OI bermata pencaharian sebagai petani pihaknya akan melakukan transformasi pertanian. Selain itu, paslon yang diusung tiga parpol ini diantaranya PDIP, Hanura dan PBB ini akan meningkatkan layanan kesehatan dan pendidikan yang layak bagi masyarakat OI.

Sementara paslon nomor urut 2, Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak memiliki visi “Ogan Ilir Semakin Maju, Unggul Bermartabat, Relijius dan Berkelanjutan.”

“Misi kami adalah meningkatkan sektor infrastruktur, pertanian, UMKM, kesehatan, berobat gratis. Kami ingin membantu ibu hamil dan melahirkan, bantu asupan gizi yang baik, bantu biaya melahirkan sampai bayi berusia 1000 hari pertama,” papar Ilyas.

Ini dilakukan guna mencegah anak mengalami gizi buruk.

Ilyas-Endang juga ingin mengimplementasikan pelayanan sekolah prima, yakni seragam sekolah, sepatu, tas dan alat tulis gratis.

Keamanan dan ketertiban di wilayah Ogan Ilir juga akan ditingkatkan agar banyak investor berinvestasi di Bumi Caram Seguguk.

“Kami ingin beri pelayanan keamanan, ketertiban, agar aman untuk beriinvestasi di Ogan Ilir,” kata Ilyas.

Ketua KPU OI, Dra Massuryati menyebut penyelenggaraan debat publik pertama Pilkada OI ini sudah sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

“Kedua pasangan calon juga telah menyampaikn visi dan misinya secara detil. Dan debat menyangkut usungan paslon masing-masing paslon juga terjadi,” kata Massuryati usai debat yang berlangsung di Ballroom Hotel Harper ini. Untuk debat publik kedus direncanakan bakal berlangsung dalam waktu dekat namun waktu dan tempatnya masih dalam pembahasan.

Dalam debat itu juga terlihat Paslon No 2 pilkada Ogan Ilir Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak, tidak memanfaatkan waktu dengan baik saat penyampaian visi-misi yang disediakan KPU Ogan Ilir, saat debat kandidat pertama di Hotel Herper Palembang, Kamis (12/11).

Sedianya waktu yang disediakan 5 menit untuk keduanya namun hanya dimanfaatkan kurang dari 3 menit sehingga ada kelebihan waktu lebih dari 2 menit. Saat moderator Weni mempersilahkan paslon apakah akan menambahkan visi misinya, merekapun hanya terdiam.

Dalam paparannya Calon Bupati OI Ilyas Panji Alam mengatakan visi misi yang dimilikinya guna mensejahterakan masyarakat OI. Pihaknya memiliki program prima berupa sekolah berobat gratis prima, transformasi pertanian dan sebagainya. Iapun menjelaskan programnya kurang dari 3 menit. Sementara saat moderator debat Weni mengatakan, apakah akan menambahkan dari Calon Wabup OI Endang PU Ishak? Baik Calon Bupati OI Ilyas dan Calon Wabup OI Endang PU Ishak menggeleng dan terdiam. Akhirnya waktu detik demi detikpun habis sebelum akhirnya masuk ke pertanyaan dari panelis.

Reporter : Henny