ADSCOPE

Penambang Emas Ilegal Masih Beroperasi di Muratara

77

MAKLUMATNEWS.com, MURATARA- Tim gabungan (Timgab), meliputi Camat, Koramil, Kapolsek Rupit, meninjau lokasi tambang emas ilegal menggunakan mesin dompeng, di sungai Minak Desa Noman, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musirawas Utara, Jumat (22/1/2021). Disana tim menghimbau kepada penambang ilegal untuk menghentikan kegiatan. Sebab penambangan yang dilakukan selain ilegal juga merusak lingkungan.

Dikatakan Camat Rupit, Deni Andri, tinjauan yang dilakukan oleh Timgab untuk memberi himbauan kepada penambang emas memakai mesin dompeng, bahwa kegiatan yang dilakukan ilegal dan merusak lingkungan.

“Kegiatan kami hari ini tidak lain, menghimbau para pelaku tambang untuk menghentikan aktivitas, karena kegiatan mereka selain ilegal juga berdampak ke lingkungan,” katanya, kepada awak media.

Sementara itu Kapolsek Rupit, AKP Forliamzom, mengatakan penambangan emas tanpa izin disepanjang sungai rupit ini sudah sangat meresahkan masyarakat. Karena dampak dari penambangan ilegal tersebut airnya tercemar dan menimbulkan penyakit gatal-gatal ke masyarakat.

“Kita beri himbauan dan teguran keras untuk segera menghentikan aktivitas penambangan. Apabila tidak diindahkan maka akan kita lakukan penertiban,” tegasnya.

Dia berharap, melalui penertiban tersebut, para penambang ilegal dapat meninggalkan lokasi penambangan, karena sudah mengakibatkan ekosistem sungai tercemar.

“Kita melakukan pencegahan dini untuk para PETI, sehingga mereka bisa meninggalkan lokasi penambangan,” paparnya.

Reporter :Wan Asri