FLASH NEWS

Pengajian IKANAMTA, Dr. Purmansyah, MAg : Sesama Umat Islam Harus Berkasih Sayang

MAKLUMATNEWS.com – Pengajian rutin bulanan Majelis Taklim IKANAMTA (Ikatan Alumni SMPN6 Lapangan Hatta) Palembang kali ini menghadirkan Dr. Purmansyah Ariadi, MAg, alumni SMP Negeri 6 Palembang tahun 1986, yang saat ini diamanahi jabatan sebagai Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP).

Ketua IKANAMTA H. KH. Tubagus Sunarseno tengah menyamparkan sambutan kepada jamaah yang hadir antara lain, penceramah Dr. Purmansyah, MAg (pakai jas hitam) dan Bambang Indro (fasilitator Masjid An Nur Bank Mandiiri).

Dihadapan sekitar 80 anggota IKANAMTA lintas angkatan mulai tahun 1972 hingga 1990 yang hadir di Masjid An Nur, Bank Mandiri Jalan Kapten A Rivai, Palembang, Sabtu, 26 November 2022, Dr. Purmansyah Ariadi mengemukakan kegiatan pengajian IKANAMTA ini sangat baik karena bisa memupuk kembali ukhuwah islamiyah diantara pada alumni.

Sebagian jamaah ibu-ibu juga berfoto kenangan bersama sesepuh IKANAMTA Bapak H. Lukman.

“Pengajian ini sebagai wahana untuk meningkatkan persaudaraan alumni, selain menambah ilmu agama islam untuk meningkatkan amal ibadah,” ujar Dr. Purmansyah yang alumni Fakultas Dakwah IAIN Raden Fatah Palembang ini.

Dalam tausiyahnya, ustadz alumni SMPN 6 Angkatan Tahun 1986 ini, mengemukakan, Rasulullah sangat sayang kepada sesama umat islam dan sangat keras dan tegas kepada kaum kafir sebagaimana   dalam firman Allah Swt di Surah Al Fath ayat 29, yang antara lain artinya Muhammad adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka.

“Jadi sesama kita ini, sesama alumni, kita harus berkasih sayang. Kita tidak perlu terjebak kepada masalah-masalah fikih yang memang ada perbedaan pendapat para ulama, mahzab seperti masalah sholat. Kita saling hormati. Oleh sebab itu, dalam pengajian perlu juga dibahas masalah peradaban islam, sejarah nabi dan lain-lain, tidak melulu masalah fikih,” ucap Dr.Purmansyah yang ahli Peradaban Islam ini.

Banyak topik lainnya yang disampaikan Dr. Purmansyah seperti masalah jagad raya antara jarak bumi dan matahari serta dikaitkan dengan sifat kesombongan manusia yang kaya raya, masalah dosa besar, dosa kecil dan dosa tersembunyi.

BACA JUGA  BERITA FOTO : Masjid Al Jihad Diantara Gedung Pencakar Langit

Sementara itu, Ketua IKANAMTA H.KP.Tubagus Sunarseno mengatakan, kegiatan pengajian ini dihadiri sekitar 80 orang alumni. Dan ini sudah putaran ketiga sejak majelis taklim didirikan. “
Untuk sementara ini, kegiatan pengajian dilakukan bergiliran, alhamdulillah jumlah rekan alumni yang hadir pengajian kian bertambah, ” ujar Tubagus, Alumni Angkatan 77 ini.

Ditambahkan juga, fasilitas pengajian yang menggunakan Masjid An Nur, Bank Madiri yang mewah dan sejuk ini, juga berkat jasa baik rekan alumni SMPN 6 Angkatan 86 bernama Bambang Indro. Pengajian diakhiri dengan sholat ashar berjamaah. (*)

Editor :  Aspani Yasland

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button