DI KONTEN

Percuma Sedekah Jika Menyakiti Perasaan Orang Lain

88
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG — Menjadi seorang mukmin tentunya kita dituntut untuk tidak melakukan perbuatan zhalim atau menyakiti orang lain.

Ada satu ilustrasi yang digambarkan oleh Allah Subhanawata’ala dalam satu ayat tentang jangan menyakiti orang lain yaitu Surah Al Baqarah ayat 263 “Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang menyakiti. Allah Maha kaya Maha Penyantun”.

“Allah memberikan ilustrasi gambaran yang sangat indah dan ditanggapi dengan mudah.saat orang kelaparan membutuhkan makan lalu kita beri shadaqah tapi mengikutinya dengan perbuatan menyakitkan,” kata Penyuluh Kemenag Lahat, Ustadz H Muhammad Abdul Haris Lc dalam video, Senin (19/04/2021).

Meskipun perbuatan kita baik akan tetapi jangan sampai menyakiti perasaan orang lain, akan lebih baik tidak memberi sedekah tetapi cukup dengan perkataan yang baik dan pemberian maaf.

“Jangan pernah menyakiti orang lain meskipun dibalik perbuatan yang baik, ini penting bagi kita. Kita mengagungkan agama kita tetapi menyinggung dan menyakiti hati orang lain dan itu termasuk kezhaliman,”ungkap yang juga sebagai fasilitator pemahaman Al Qur’an

Ia berpesan, jangan pernah melakukan hal tersebut karena itu membatalkan perbuatan baik kita sesuai dengan lanjutan ayat diatas.

Seperti lanjutan Al Baqarah 264 “Wahai orang-orang beriman ! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima).

Reporter : Trijumartini