ADSCOPE

Petugas Yang Jaga di TPS Dilarang Bawa Senpi

38

MAKLUMATNEWS.com, MUARABELITI — Seluruh personel yang ditugaskan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilarang membawa senjata api (Senpi).

“Kami ingatkan, seluruh personel ditugaskan PAM TPS ada beberapa hal penting mesti diperhatikan. Semua personel wajib protokol kesehatan mengunakan masker. Kemudian, dalam menjalankan tugasnya dilarang membawa sejata api,” kata Kapolres Musi Rawas (Mura) AKBP Efrannedy saat memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan TPS Pilkada Bupati-Wakil Bupati Mura 2020 di lapangan apel Mapolres Mura, Senin (7/12/2020).

Lanjut dia, dalam pelaksanaan Pilkada, baik dalam proses pencoblosan, perhitungan suara sampai dengan penetapan, semua keamanan, ketertiban menjadi tanggung jawab Polri.

Personel yang bertugas harus mampu menyampaikan kepada warga masyarakat, terutama kepada warga pemilih yang hendak ke TPS menyalurkan hak suaranya. Berikan imbauan warga menggunakan masker, dan menjauhi kerumunan.

“Ketika bertugas personel tidak boleh berada di dalam TPS. Cukup berada di luar mengamankan, mengawasi jalannya proses pencoblosan dan penghitungan di TPS,” tambah AKBP Efrannedy.

Kapolres juga mengingatkan seluruh personel untuk tetap waspada terhadap situasi ancaman dan gangguan Keamanan Ketertiban Masyatakat (Kamtibmas) di masing-masing TPS. Paling utama personel Polri harus menjaga netralitas.

“Selalu waspada baik penyebaran Covid-19, apapun bentuk gangguan Kamtibmas,” tandasnya.

Reporter : Marwan