ADSCOPE

PKB Beralih Dukungan, Wakil Bupati OKUT Terancam Tak Bisa Nyalon

443

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Beralihnya dukungan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada OKU Timur dari pasangan Feri Antoni-Meilinda kepada pasangan H Lanosin Hamzah,ST (Enos)- HM Adi Nugraha Purna Yudha (Yudha) ternyata bukan isapan jempol semata.

Hal ini merujuk dari dikeluarkannya SK Rekomendasi dukungan model B1-KWK Parpol tertanggal 26 Agustus 2020 yang dikeluarkan oleh DPP PKB dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum (Ketum) Ahmad Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Muhammad Hasanuddin Wahid.

Dalam SK No.3711/DPP/01/VIII/2020 tentang persetujuan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada OKU Timur yakni Calon Bupati Lanosin,ST dan Calon Wakil Bupati M Adi Nugraha Purna Yudha. Dan setelah sebelumnya sempat menyangkal perihal pengalihan dukungan PKB di Pilkada OKU Timur tersebut, akhirnya Ketua DPW PKB Sumsel, Drs Ramlan Holdan membenarkan khabar tersebut.

“Itu semua atas keputusan DPP PKB, kita Sami’na Wa’ Atho’ na, manut pada putusan DPP. Ketika sudah diputuskan demikian maka menjadi kewajiban bagi seluruh kader partai untuk patuh dan mendukung paslon yang diusung tersebut,” kata Ramlan Selasa (1/9).

Ditanya kapan akan diserahkan secara langsung SK kepada pasangan Enos-Yudha ini, Ramlan yang mengaku tengah berada di Jakarta ini menyebut akan diserahkan besok (hari ini) di Palembang.

“Insha Allah akan diserahkan besok malam kepada pasangan tersebut di Palembang,” katanya.

Artinya, dengan beralihnya dukungan PKB yang memiliki enam kursi di DPRD OKU Timur ini, membuat pasangan Ferri Antoni-Meilinda yang sebelumnya telah didukung Partai Golkar yang juga memiliki enam kursi DPRD ini menjadi terhambat.

Karena syarat pencalonan melalui jalur parpol mengacu PKPU harus didukung minimal 20 persen kursi DPRD. Artinya, dengan jumlah kursi DPRD OKU Timur sejumlah 45 kursi dukungan yang dibutuhkan Ferri-Malinda minimal 9 kursi.

Sedangkan, paslon Enos-Yudha dengan
tambahan enam kursi PKB ini memborong seluruh parpol parlemen yang memiliki kursi di DPRD OKU Timur.

Editor : Sgw