Puting Beliung Luluh Lantakkan Persawahan Warga Desa Tanjung Raya OKUS

Lebih Kurang 20 Hektar Sawah Warga Terancam Gagal Panen

1,409

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA – Hujan disertai angin puting beliung meluluh lantakkan persawahan warga Desa Tanjung Raya, Kecamatan Buay Sandag Aji, Kabupaten OKU Selatan, Rabu (14/10) malam. Peristiwa tersebut menghilangkan impian warga untuk panen padi dan jagung yang sebentar lagi akan mereka panen.

Kepala Desa Tanjung Raya Ahner, SE, saat dihubungi media ini mengatakan, setidaknya 20 warganya tertimpa musibah ini. Sekitar 10 hektar lahan jagung siap panen ambruk ke tanah, begitupun persawahan dengan padi yang akan panen harus roboh hingga terancam gagal panen. Menurut Ahner, tidak hanya kebun jagung dan persawahan yang luluh lantak akibat musibah ini. Bahkan satu bangunan pondok tempat tinggal milik warga juga ambruk rata dengan tanah.

Kepala Desa yang murah senyum ini mengaku masih beruntung musibah ini hanya menimpa sebagian sawah dan perkebunan jagung milik warga yakni di kawasan Persawahan Paluh Panjang. Sementara pada persawahan lainnya seperti Pulau Kerbau, Paluh Manau, Gapuk dan Pancor Mas sebagian warga sudah paenen.

Sebagai langkah, Pemerintah Desa Tanjung Raya diakui Ahner sudah mendata warga yang tertimpah musibah ini dan telah melaporkannya ke Dinas Pertanian OKU Selatan. Bagi warga yang pondonya ambruk, dibawah komando Kades warga bergotong royong untuk kembali membuatnya agar warga bisa berlindung.

“ Alhamdulillah, semuanya sudah kita data dan laporkan ke Dinas Pertanian. Kepada warga yang tertimpah bencana, kami berharap bisa bersabar karena ini semua ujian Allah. Semoga kedepannya desa kami dijauhkan dari bala bencana seperti ini,” ujar Ahner.

 

Reporter : Sgw