Resmi di Diskualifikasi, Ilyas -Endang Tempuh Jalur Hukum

944

MAKLUMATNEWS.COM—Menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir (OI) tentang pembatalan Pasangan Calon No. 2 Ilyas -Endang, maka tim Advokasi (Kuasa Hukum) Ilyas Endang akan menempuh jalur hukum ke Mahkamah Agung. Demikian kata  H Yulian Gunhar SH MH, selaku Ketua Tim Pemenangan Paslon Ilyas Endang, Selasa (13/10/20).

Yulian Gunhar mengatakan jika, pihaknya sangat menghormati keputusan KPU Ogan Ilir dan juga Bawaslu Ogan Ilir selaku penyelenggara Pemilu. Hanya saja sebagai masyarakat yang taat hukum dan aturan kita akan ikuti proses demi proses agar tercipta pilkada yang benar-benar di ingini oleh seluruh lapisan masyarakat Ogan Ilir.
” Menurut hemat kami, hal ini biasa saja dan memang sudah  menjadi resiko dari sebuah proses demokrasi, sebagai contoh kasus di kota Pare-Pare Sulawesi Selatan, yang hampir sama dengan Kabupaten Ogan Ilir. Namun kami akan tetap berusaha mencari keadilan, kan lagi pula keputusan KPU tersebut tidak bersifat final. Masih ada langkah-langkah lain yang bisa  kita tempuh,” tegasnya seraya mengatakan jika pihaknya dalam waktu dekat  segera melakukan upaya hukum ke Mahkamah Agung.
“Saya mengimbau kepada seluruh tim, relawan kader partai politik, masyarakat pendukung setia Ilyas Endang dimanapun berada agar tetap tenang, selalu semangat jangan kendor masih ada upaya hukum yang bisa kita tempuh, jaga solidaritas dan rapatkan barisan tetap jaga kondusif di wilayah kita masing-masing, semakin keras pertarungan semakin nikmat kemenangan,”ujarnya.

Diketahui sebelumnya, KPU  Ogan Ilir (OI)  resmi mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati petahana  Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak. Hal ini  sebagaimana tertuang dalam hasil rapat pleno KPU  dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OI, Senin (12/10/2020) malam.

Keputusan KPU ini merupakan tindaklanjut dari rekomendasi yang diberikan Bawaslu OI.

“Adapun tindak lanjut rekomendasi dari Bawaslu yang kami lakukan adalah melaksanakan ketentuan Pasal 71 Ayat 5 dengan keputusan KPU Ogan Ilir SK : 263/HK.0.1-KPT/1610/KPU-KAP/X2020 tentang pembatalan peletakan pasangan calon bupati dan wakil bupati Ogan Ilir nomor urut 2, yakni Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak,” kata Massuryati kepada wartawan di kantor KPU OI, Indralaya, Senin (12/10/2020).