DI KONTEN

RS Gandus Belum Layak Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

79
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Sejak Wisma Atlet tidak lagi dipergunakan untuk tempat isolasi positif Covid-19, sehingga saat ini pasien terkonfirmasi terutama Orang Tanpa Gejala (OTG) harus isolasi mandiri di rumah.

Sementara saat ini tingkat sebaran Virus Corona di Kota Palembang berdasarkan data Dinas Kesehatan cukup tinggi. 3 Mei 2021 penambahan kasus mencapai 67 orang dengan kasus aktif terkonfirmasi masih sangat tinggi 819 kasus.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, Kota Palembang saat ini tidak punya pilihan tempat isolasi mandiri kecuali di rumah masing-masing. Sementara RSUD Gandus yang dilihat dari kapasitas mencukupi, namun fasilitasnya tidak mendukung.

“Gandus belum bisa dimanfaatkan sarana dan prasarananya, ruang sirkulasi udara tidak memungkinkan, kelayakan tempat, jalur keluar masuk tidak boleh disamakan dengan pasien umum, dan SDM kurang,” katanya, Selasa (4/5/2021).

Tempat isolasi sejauh ini Kota Palembang mengikuti instruksi dari pemerintah provinsi terkait penggunaan Wisma Atlet. “Masyarakat yang OTG sekarang dianjurkan untuk isolasi mandiri di rumah. Kecuali dengan gejala, itu di rumah sakit,” katanya.

Dewa mengatakan, Kota Palembang memiliki RSUD Bari meski saat ini menjadi rumah sakit rujukan terutama kabupaten terdekat. Pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit untuk mempersiapkan tempat tidur tambahan.

“Tingkat hunian di RSUD Bari saat ini mencapai 64 persen. Atisipasi segera menyisihkan tempat todur untuk pasien Covid. Saat ini ada 30 lebih tempat tidur untuk pasien Covid-19,” katanya.

Reporter : Pitria