SEHAT

Selain Faktor Usia, Berikut 5 Penyebab Munculnya Uban

MAKLUMATNEWS.com – Munculnya uban sering menyebabkan kurang percaya diri  selain itu munculnya uban dikaitkan dengan  usia yang sudah menua.

Padahal, penyebab uban bukan hanya proses penuaan. Ada beragam hal yang juga dapat menyebabkan munculnya uban di kepala. dan banyak orang beranggapan bahwa rambut beruban adalah rambut yang berubah warna menjadi abu-abu atau putih.

Padahal uban merupakan rambut baru yang tumbuh dengan warna abu-abu atau putih karena berkurangnya kandungan melanin (zat warna rambut).

Harvard Health Publishing menjelaskan bahwa kadar melanin rambut akan semakin menurun seiring pertambahan usia.

Semakin sedikit sel-sel melanin dalam folikel (tempat tumbuhnya rambut), maka rambut baru yang selanjutnya tumbuh akan jadi berwarna keabu-abuan atau perak.

Kebanyakan dari kita akan mulai beruban pada usia sekitar 30 tahun dan mungkin pada akhirnya akan benar-benar memutih total begitu menginjak usia 50 tahun.

Meski umur bisa menjadi penyebab utama terjadinya uban pada rambut seseorang. Ada beberapa faktor lain yang mungkin bisa menjadi penyebab uban terjadi.

  1. Genetik

Penelitian di dalam Current problems in dermatology (2015) menyebut lingkungan dan genetika memengaruhi sel induk folikel dan melanosit.

Jadi, tumbuhnya rambut putih di usia muda berkaitan dengan faktor keturunan.

Apabila rambut Anda mulai beruban di usia muda, kemungkinan orang tua atau kakek-nenek Anda mengalaminya dulu saat masih muda.

  1. Kekurangan vitamin B12

Salah satu penyebab uban adalah kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting untuk pertumbuhan sel-sel rambut.

Kekurangan vitamin B12 dapat memengaruhi produksi melanin dan melemahkan sel-sel rambut. Jika kondisi ini dibiarkan, warna rambut kian memudar menjadi putih.

  1. Stres

tres dapat memicu kondisi umum yang disebut telogen effluvium, yaitu kondisi yang menyebabkan rambut rontok sekitar tiga kali lebih cepat dari biasanya.

BACA JUGA  Pisang, Alpukat, dan Salmon Dapat Menetralisir Garam Berlebih

Rambut memang akan tumbuh kembali. Namun, jika terjadi di usia paruh baya, rambut yang tumbuh bisa berupa uban, bukan warna aslinya.

Oleh karena itu, ada anggapan bahwa stres memicu rambut berubah lebih cepat menjadi putih.

Sebuah studi pada hewan dari jurnal Nature (2020) juga menunjukkan bagaimana stres dapat menyebabkan bulu tikus berubah menjadi abu-abu.

  1. Mengonsumsi obat-obatan

Obat antimalaria dan kemoterapi bisa menjadi penyebab uban di usia muda. Obat-obatan ini dinilai menghambat reseptor tirosin kinase c-kit yang ada di dalam melanosit (sel penghasil melanin). Akibatnya, rambut pun kekurangan pigmen.

Sebuah penelitian dari dalam jurnal Lupus (2009) juga menemukan kalau obat klorokuin secara signifikan menekan produksi melanin rambut.

  1. Merokok

Merokok bukanlah penyebab langsung dari tumbuhnya rambut uban. Faktor usia dan genetik tetap memegang peranan paling besar terhadap perubahan warna rambut ini.

Namun, sejumlah riset telah menemukan adanya hubungan antara kebiasaan merokok dan kemunculan uban.

Racun dalam rokok juga bisa merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button