Sumsel Incar Satu Emas di LKS Nasional 2020

30

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan menargetkan satu medali emas pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional 2020 yang digelar secara virtual pada akhir Oktober 2020 mendatang.

Bahkan, Sumsel menurunkan 39 pelajar dari 32 cabang lomba yang diikutkan secara nasional.

Aldi Satriawansyah salah satu siswa SMK Negeri 2 Palembang mengaku usai juara kompetisi skala provinsi bersama rekannya Muhammad Thoric saat ini terus menjalani pemusatan latihan dibawah arahan guru pembimbing nya.

“Jadi setelah menang kemarin, kami diikutkan LKS nasional dari cabang lomba mechatronic dengan fokus di merakit Programmable Logic Controller,” ujarnya disela-sela latihan, Kamis (15/10/2020).

Ia menambahkan bahwa Programmable Logic Controller merupakan komponen penting yang akan dihubungkan pada komponen HMI yang nantinya akan menjadikan kontrol otomatis.

Seperti halnya dalam sebuah produksi perusahaan, beberapa alat sudah berjalan otomatis oleh perangkat tersebut.

Senada dengan itu dikatakan, Kepala SMK Negeri 2 Palembang, Rafli mengatakan bahwa di SMKN 2 Palembang sendiri ada enam siswa yang mewakili Sumsel dalam lomba LKS tingkat nasional ini.

“Alhamdulilah dalam ajang LKS ini siswa kita ada enam orang yang mewakili Sumsel untuk cabang lomba technology automobile satu orang, mobile robotic dua orang , mechatronic dua orang dan motor cycle repair and maintance satu orang,” tegas dia.

Saat ini, para siswa yang mengikuti lomba ini dalam tahap persiapan dan latihan terus disekolah dengan dibimbing oleh guru pendampingnya.

“Dari berbagai tangkai lomba, Target kita di kompetisi ini dapat medali emas,” jelasnya.

Sementara itu dikatakan Kepala Bidang SMK Disdik Provinsi, Mondyaboni mengatakan lomba LKS di tahun ini memang berbeda dari tahun sebelum-sebelumnya karena dit ahun ini berlangsung ditengah pandemi.

“Jadi karena pandemi tahun ini digelar secara virtual atau daring, biasanya lomba ini digelar di satu provinsi tapi tahun ini tidak,” jelasnya.

Tahun ini ada 39 peserta yang mewakili Sumsel dengan 32 cabang perlombaan yang dilombakan dan ditambah dua pameran digital yakni diikuti SMK 2 Kayu Agung dan SMKN 8 Palembang.

“Perlombaan ini sekarang sudah berlangsung selama dua minggu hingga minggu depan yang digelar secara virtual,” jelasnya.

Mondy mengatakan ia terus memberikan semangat bagi para peserta ini agar dapat tampil maksimal dan memberikan yang terbaik untuk Sumsel.

“Bidang lomba yang diikuti juga banyak diantaranya teknologi automobil yang diikuti SMKN 2 Palembang, painting dari SMKN 7 Palembang dan masih banyak lagi,” tegasnya.

Ia mengatakan sebelumnya para peserta ini mengikuti terlebih dahulu mengikuti tingkat kota /kabupaten lalu terpilih menjadi tingkat Provinsi yang mewakili Sumsel.

“Kita berharap dari banyak perlombaan ini setidaknya kita bisa meraih emas. Tahun lalu kita meraih juara 4,” pungkasnya.

Reporter : Sugi