Tidak Gunakan Masker, Puluhan Orang Disidang di Monpera

32

MAKLUMATNEWS.com,PALEMBANG — Disiplin Protokol Kesehatan mulai diterapkan hari ini, Kamis (17/9/2020). Lebih dari 40 orang warga Kota Palembang terjaring tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dan Satpol PP di 18 Kecamatan Kota Palembang.

Puluhan pelanggar tersebut didominasi orang dewasa. Mereka dibawa ke Monpera untuk diberi edukasi mengenai disiplin protokol kesehatan dan disidang oleh hakim untuk pemberian sanksi, baik sanksi sosial atau denda.

Salah seorang pelanggar, Andi mengatakan, dia tertangkap Satpol PP saat mengendarai sepeda motor menuju Jalan Pom IX. Karena tidak menggunakan masker, ia diangkut menggunakan kendaraan patroli Satpol PP ke Monpera untuk disidang dan diberi sanksi.

“Saya tidak pakai masker dan tidak membawa masker. Sanksinya saya minta sosial saja karena tidak bawa uang yang cukup kalau harus bayar denda,” katanya saat hendak disidang di Monpera.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, setelah melakukan pemantauan ke kawasan Simpang DPRD Sumsel juga Monpera, masih banyak warga yang bepergian tidak menerapkan protokol kesehatan, seperti tidak menggunakan masker.

“Ini akan terus berlanjut, sudah ada 47 orang disidang penegakan disiplin adaptasi kebiasaan baru berdasarkan Perwali 27/2020, dengan sanksi sosial atau denda ditentukan saat persidangan,” katanya.

Dewa mengatakan, dalam satu pekan terakhir aturan ini sudah disosialisasikan. Tapi di lapangan masih banyak yang melanggar. Menurutnya, melalui Dinas Kesehatan, sudah diimbau agar warga menggunakan masker kain.

“Sebelumnya kita juga sudah menyebar 21 ribu masker yang dibuat UMKM, kita juga punya anggaran dana insentif daerah Rp15,9 miliar diantaranya untuk pembinaan UMKM, sekarang sedang tahap pengajuan pencairan selanjutnya,” katanya.

Kabid Penegakkan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Kota Palembang, Budi Norma mengatakan, ada tahapan pemberian sanksi, bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker tapi ia memiliki masker, dikenakan sanksi lisan atau tertulis.

Tapi jika tidak memakai masker dan tidak membawa/ memiliki masker, pelanggar akan dibawa ke Monpera untuk disidangkan. Nanti keputusannya dari hakim, sesuai Perwali 27/2020 sanksi berupa kerja sosial dan atau membayar denda.

“Minimal denda Rp100 ribu sampai Rp500 ribu, tanpa terkecuali kita tegas. Sejauh ini jika yang melanggar orang tua/ lansia maka kita kasih surat tertulis. Ada juga yang bayar denda dan ada yang sanksi sosial,” katanya.

Repoeter : Kamayel Ar-Razi