DI KONTEN

Untuk Tingkatkan SDM, IBA MMA Sumsel Persiapkan Wasit dan Juri

74
ramadan oki

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Pembinaan Prestasi Cabang Olahfaha Beladiri Amatir di Sumsel, Pengurus Persatuan (Pengprov) Indonesia Beladiri Amatir Mixed Martial Art (IBA MMA) Sumsel. Selain itu, hal tersebut guna membekali wasit dan juri di Sumsel untuk menghadapi even-even tingkat lokal dan nasional.

Ketua Pengprov IBA MMA Sumsel, M. Mansyur Muchtaridy mengatakan, pihaknya mengharapkan IBA MMA Sumsel segera memiliki Octagon sebagai arena pertandingan resmi MMA.

“Makanya Pengprov IBA MMA Sumsel berharap bisa menggandeng pihak swasta, agar Sumsel memiliki agenda event kejuaraan MMA secara rutin sepanjang tahun,” ujar dia, disela-sela kegiatan pemantapan wasit dan juri di JSC Palembang, Rabu (28/4/2021).

Mansyur mengungkapkan, dengan banyaknya kompetisi, tentunya semakin baik kemampuan atlet MMA Sumsel diatas octagon.

“Ya tujuan kita melakukan pemerataan ilmu perwasitan dan penjurian ini untuk menghadapi event event kejuaraan tingkat lokal maupun nasional. Lanjutannya, nanti akan diadakan pemantapan lagi dengan jumlah peserta yang lebih besar dari seluruh pengcab di Sumatera Selatan,” ungkap dia.

Sementara, salah satu pelatih, Deny Syahputra menuturkan, ilmu yang didapat dari pemantapan wasit juri ini bisa disebarluaskan kepada para atlet di camp-camp dan perguruan.

“Agar dapat dipahami oleh atlet, dan diharapkan atlet dapat berlatih untuk mendapatkan point-point secara efisien dan mengetahui yang mana saja serangan dan yang dianggap illegal agar terhindar dari pengurangan point dan diskualifikasi,” tutur dia.

Ketua Panitia penjaringan atlet IBA MMA Sumsel, Misjuari menambahkan, pihaknya berharap Sumsel dapat memiliki sebanyak mungkin wasit/juri bersertifikat nasional dan international.

“Tentunya agar Sumsel dapat menjadi penyelenggara event event MMA tingkat nasional dan tingkat provinsi secara rutin,” pungkasnya.

Reporter : Sugi