OKU SELATAN

Warga OKUS Mulai Panen Buah Kopi, Harga Kopipun Membaik

MAKLUMATNEWS.com, MUARADUA – Petani kopi saat ini mulai bersukaria. Di Kabupaten OKU Selatan telah memasuki musim panen raya kopi, masyarakat di Kabupaten OKU Selatan sudah mulai memetik buah kopi di kebun kebun mereka.

Seperti halnya yang di temui awak media ini di Desa Kota Dalam Kecamatan Mekakau Ilir,masyarakatnya di sibukkan dengan memetik buah kopi yang sudah berwarna merah.

Mardi pemilik kebun di daerah Atar Selabung Desa Kota Dalam menceritakan,di ahir bulan Maret memang sudah memasuki musim panen kopi,musim panen kopi di mulai bulan Maret dan berahir di pada bulan Juni mendatag.

Menurut Mardi,  buah kopi di kebun miliknya lebih banyak di banding tahun sebelumnya,harganya pun berada d kisaran Rp19. 000 sampai Rp21.000 perkil ogramnya Ia berharap harga jual biji kopi akan dapat lebih tinggi lagi, mengingat harga bahan bahan pokok yang merangkak naik,juga di sertai dengan harga racun rumput yang melambung.

“ Kami berharap agar harga jual kopi naik lebih tinggi lagi supaya berimbang dengan biaya perawatan kebun serta bisa mensejahterakan kami petani kop,” harapnya.

Senada Heri pekerja di kebun kopi milik Mardi menuturkan, ia merasa senang dengan datangnya musim panen kopi,kalau sudah musim panen kopi kami banyak tempat mencari  uang dengan cara upahan memetik buah kopi

Heri juga menceritakan,kalau bekerja memetik buah kopi,ada yang di bayar dengan upah harian dan ada juga di hitung per karung,biasanya per karung 50kilogram di beri upah Rp25.000-30.000 per karungnya. ” Sementara kalau di bayar harian ada yang Rp.50.000  ada juga yang Rp.60.000 per harinya tergantung dari perundingan dengan pemilik kebun,”.jelasnya.

Reporter : Iskandar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button