SEHAT

Herman Deru : Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

MAKLUMATNEWS.com, PALEMBANG — Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri pelantikan Pengurus Nasional IKA Fakultas Kesehatan Masyarakat (IKA FKM Unsri) periode 2021-2025 bertempat di Hotel zuri, Sabtu (15/1/2022).

Herman Deru mengatakan, dia bangga ada banyak jumlah dari FKM Unsri baik yang purnabakti maupun yang masih mengabdi. “Yang saya tuntut mereka menunjukkan hasil kerja organisasi ini di lapangan, ” ujarnya.

Disaat pandemi ini sambung Herman Deru, semua disadarkan, begitu pentingnya kesehatan masyarakat. Selama ini kita hanya bicara pengobatan yang begitu mahal. “Saat ini kita 80 persen vaksin, kita butuh sosialisasi di lapangan. Kita tahu nakes terbatas. Saya ingin kiprah FKM di lapangan nyata,” tambahnya.

Herman Deru menuturkan, Pemprov Sumsel dan kabupaten kota sudah membuka pintu kepada FKM bagaimana merubah mindnset masyarakat dari mengobati ke mencegah penyakit.”Karena lebih murah mencegah daripada mengobati. Kita ingin IKA FKM ini memiliki peran nyata dilapangan. Misal melakukan sosialisasi terkait sanitasi, hidup sehat, konsumsi makanan yang benar. Karena rata-rata penyakit yang menyebabkan kematian seperti jantung, diabetes melitus, itu datang dari pola makan yang tidak sehat. Pola makan ini yang harus diperbaiki, ” paparnya.

“Di dalam pelaksanaan jalannya roda organisasi, kita harus merumuskan program. Apalagi ini ada seminar, bukan hanya untuk lembaga bernaung, peran serta FKM di tingkat RT, RW, Keluarahan, Desa dan Kecamatan untuk mencegah penularan penyakit,” tandasnya.

Reporter : Yanti

BACA JUGA  RSI Ar Rasyid Kenalkan Pelayanan Kesehatan Terpadu Terkait Operasi Katarak Teknik Phaco, Eracs dan Radiofrekuensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button